Peringatan Hari Lahir Pancasila Tahun 2023

2
Jun 2023
Kategori : Berita
Penulis : humas
Dilihat :358x

Singkawang. Kantor Kementerian Agama Kota Singkawang menggelar upacara bendera Peringatan Hari Lahir Pancasila yang diperingati setiap 1 Juni yang dipusatkan di MAN Kota Singkawang, Kamis (01/06). Upacara tersebut dihadiri oleh seluruh ASN Kankemenag Kota Singkawang, guru madrasah negeri se-Kota Singkawang dan siswa.

Kepala Kantor Kementerian Agama Kota Singkawang, Drs. H. Muhlis, M.Pd membacakan Amanat Presiden Republik Indonesia bahwa Pancasila sebagai dasar dan ideologi negara merupakan meja statis yang menyatukan berbagai keragaman yang ada, sekaligus sebagai “bintang penuntun” (leitstar) dinamis yang memandu kehidupan bangsa agar sesuai dengan cita-cita pendirian negara, mewujudkan masyarakat Indonesia yang merdeka, bersatu, berdaulat, adil dan makmur.

“Pengamalan nilai-nilai Pancasila merupakan perwujudan rasa cinta kepada Tanah Air sehingga dapat membangun bangsa dan negara yang lebih baik. Nilai-nilai Pancasila dapat diamalkan dalam bentuk sederhana, seperti saling menghargai, bekerja sama, dan saling menghormati. Berkat Pancasila dengan nilai- nilai inklusivitas, toleransi dan gotong royong, keberagaman yang ada menjadi berkah yang dirajut dalam identitas nasional Bhinneka Tunggal Ika,” ujarnya.

Selain itu, melalui peringatan Hari Lahir Pancasila Tahun 2023 ini, diharapkan kita dapat bergotong royong membangun peradaban dan pertumbuhan global. “Mari kita berkomitmen untuk bersama-sama menanamkan, menegakkan, dan menjaga Pancasila dan nilai-nilai yang terkandung di dalamnya. Mari kita berkomitmen untuk bersama-sama menguatkan jati diri dan karakter bangsa, sikap dan perilaku patriotik, cinta tanah air, serta menjaga toleransi dan kerukunan dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara,” pungkasnya.(DH/skw)