Kankemenag Singkawang Raih Penghargaan Terbaik II Pengelolaan Data EMIS Madrasah

26
Jun 2023
Kategori : Berita
Penulis : humas
Dilihat :355x

Singkawang. Pengelola Education Managemen Information System (EMIS) Madrasah Kantor Kementerian Agama Kota Singkawang baru-baru ini mendapatkan Penghargaan Terbaik II dalam Pengelolaan Data EMIS Madrasah di Lingkungan Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Kalimantan Barat Tahun Pelajaran 2021/2022 s.d. 2022/2023. Penghargaan ini diserahkan langsung oleh Kepala Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Kalimantan Barat, Dr. H. Muhajirin Yanis, M.Pd.I, dalam Pembukaan Rapat Koordinasi Komponen 1 dan Komponen 4 Program Madrasah Reform atau Realizing Education Promise – Madrasah Education Quality Reform (REP-MEQR) di Grand Mahkota Hotel Pontianak pada Rabu, 21 Juni 2023. Adapun Hj. Rohmawati, S.Pd.I, selaku Kepala Seksi Pendidikan Islam, dan Taufiqurrachman selaku Pengelola (admin) EMIS Madrasah hadir menerima penghargaan mewakili Kantor Kementerian Agama Kota Singkawang.

Selain Kota Singkawang, turut mendapatkan penghargaan adalah Pengelola EMIS Kantor Kementerian Agama Sanggau (Terbaik I), Kantor Kementerian Agama Kota Pontianak (Terbaik III), Kantor Kementerian Agama Kabupaten Melawi (Harapan I), dan Kantor Kementerian Agama Kabupaten Ketapang (Harapan II).

Dalam sambutannya Dr. H. Muhajirin Yanis, M.Pd.I menyampaikan bahwa penghargaan ini adalah salah satu upaya untuk mendorong peningkatan kualitas pengelolaan data EMIS di lingkungan Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Kalimantan Barat. “Di samping, tentu saja untuk mengapresiasi pengelola EMIS yang telah bekerja sangat baik dan dapat menjadi contoh Kabupaten/Kota lainnya,” imbuhnya.

Sejalan dengan hal ini, Hj. Rohmawati, S.Pd.I menyampaikan apresiasi kepada Taufiqurrachman selaku Pengelola EMIS Kantor Kementerian Agama Kota Singkawang, Septian Dwi Cahyo selaku user champion EMIS madrasah, dan seluruh operator EMIS madrasah di Kota Singkawang yang telah bekerja sangat keras untuk menyelesaikan pemutakhiran data EMIS tepat waktu. “Kami dari Kantor Kementerian Agama Kota Singkawang juga menyampaikan terima kasih kepada para Kepala Madrasah dari jenjang RA sampai dengan MA yang telah mendukung kinerja para operator madrasah. Mudah-mudahan prestasi dapat terus ditingkatkan.”

Sementara itu, Kepala Bidang Pendidikan Madrasah: H. Sipni, S.Pd.I, M.Pd.I yang mendampingi Kakanwil dalam penyerahan piagam penghargaan menyampaikan bahwa ada dua aspek yang perlu dipenuhi agar diperoleh data EMIS yang akurat dan berkualitas. Pertama, ketepatan waktu pemutakhiran data. Kedua, validitas data. Dua hal inilah yang menjadi dasar penilaian kinerja Pengelola EMIS Kankemenag Kabupaten/Kota.

Lebih lanjut Sipni menyampaikan bahwa dengan data EMIS yang akurat pemerintah dalam hal ini Kementerian Agama dapat membuat keputusan yang lebih tepat dalam bidang pendidikan. Apalagi EMIS merupakan satu-satunya basis data Pendidikan Keagamaan yang lengkap di Kementerian Agama. “Data EMIS Madrasah terhubung dengan/menjadi data dasar aplikasi lain seperti Rencana Kinerja dan Anggaran Madrasah (e-RKAM), BOP RA/BOS Madrasah, Program Indonesia Pintar (PIP) madrasah, bantuan sarana prasarana madrasah, data peserta ujian, dan lain sebagainya sehingga benar-benar perlu kita pastikan akurasinya,” pungkasnya.(Liana/skw)