Bersiap Mengimplementasikan Kurikulum Merdeka, MIN Singkawang Gelar Diseminasi dan Pembuatan Perangkat Ajar

27
Jun 2023
Kategori : Berita
Penulis : humas
Dilihat :339x

Singkawang. Berdasarkan Keputusan Direktur Jenderal Pendidikan Islam Nomor 1443 Tahun 2023, MIN Singkawang merupakan salah satu madrasah yang menjadi Madrasah Pelaksana Kurikulum Merdeka Tahun Pelajaran 2023/2024. Sebagai bagian dari rangkaian persiapan mengimplementasikan Kurikulum Merdeka pada Tahun Pelajaran 2023/2024, MIN Singkawang menyelenggarakan Diseminasi Implementasi Kurikulum Merdeka pada Senin, 26 Juni 2023 bertempat di MIN Singkawang, Jl. Marhaban, Kelurahan Sedau, Singkawang Selatan.

Kegiatan diseminasi ini merupakan tindak lanjut dari dua kegiatan sebelumnya, yaitu Workshop Model Pelatihan Kurikulum Merdeka bagi Calon Tutor di Kantor Kementerian Agama Kota Singkawang dan Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ) Kurikulum Merdeka bagi Calon Tutor. Kedua kegiatan ini diselenggarakan oleh Balai Diklat Keagamaan (BDK) Jakarta dan diikuti antara lain oleh tujuh orang guru dari MIN Singkawang. Mereka adalah Muslimah, S.Pd.I, Evin Arisa, S.Pd, Zahrah, S.Pd.I, Eny Artiani, S.Pd, Siti Nurul, S.Pd.I, Enie Syafrida, S.Pd.I, dan U. Karmila, S.HI.

Dalam kegiatan diseminasi ini, guru-guru yang sudah mengikuti workshop maupun PJJ tersebut berbagi ilmu kepada guru-guru lainnya. “Walaupun kita mungkin merasa ilmu kita masih sedikit dan belum dikuasai dengan sempurna, kita coba berbagi kepada rekan-rekan guru yang belum mengikuti kedua kegiatan tersebut. Selanjutnya guru-guru yang menjadi pemapar maupun guru-guru yang menjadi peserta dapat sama-sama saling belajar dan mengasah ilmu, baik dalam bentuk pendalaman teori kurikulum merdeka maupun dalam praktiknya ketika menyusun perangkat ajar. Dengan demikian, insya Allah seluruh guru MIN yang berjumlah 27 orang menjadi siap untuk mengimplementasikan kurikulum merdeka pada tahun pelajaran 2023/2024 yang sudah di depan mata,” demikian Muslimah, S.Pd.I selaku Kepala MIN Singkawang sekaligus salah satu pemapar dalam kegiatan diseminasi ini menyampaikan pesannya dalam pembukaan kegiatan.

Selanjutnya, seluruh guru MIN Singkawang akan mengikuti kegiatan Pembuatan Perangkat Ajar Kurikulum Merdeka pada 17-21 Juli 2023.(Liana/skw)