165 Siswa Siap Unjuk Kemampuan dalam KSM Tingkat Kota Singkawang

7
Jul 2023
Kategori : Berita
Penulis : humas
Dilihat :308x

Singkawang. Rangkaian kegiatan Kompetensi Sains Madrasah (KSM) kembali bergulir untuk tahun 2023 dan akan segera memasuki tahap KSM Tingkat Kabupaten/Kota pada Sabtu hingga Senin, 8-10 Juli 2023. Kompetisi Sains Madrasah mulai diselenggarakan sejak tahun 2012 dan merupakan wahana membangun ghirah kompetisi sains kalangan siswa madrasah. Sejak tahun 2016 soal materi keagamaan Islam ditambahkan ke semua bidang. Kemudian sejak tahun 2018 seluruh bidang yang bersifat keilmuan murni diintegrasikan dengan ilmu-ilmu agama Islam yang sesuai dengan bidangnya. Misalnya, materi ilmu waris diintegrasikan ke dalam bidang Matematika. Itulah sebabnya, seluruh bidang diberi label “terintegrasi”.

“Sesuai dengan tujuan diselenggarakannya KSM, kami sangat berbahagia dan bangga dengan peningkatan jumlah peserta KSM Tingkat Kota Singkawang. Untuk tahun ini ada 165 siswa yang siap untuk unjuk kemampuan,” demikian disampaikan oleh Hj. Rohmawati, S.Pd.I selaku Ketua Komite KSM Kota Singkawang yang juga merupaka Kepala Seksi Pendidikan Islam pada Kantor Kementerian Agama Kota Singkawang.

Ada pun jumlah peserta per bidang studi dan per jenjang yang mengikuti KSM tingkat Kota Singkawang Tahun ini adalah sebagai berikut:

  • Matematika Terintegrasi Jenjang MI/SD: 16 orang;
  • IPA Terintegrasi Jenjang MI/SD: 18 orang;
  • Matematika Terintegrasi Jenjang MTs/SMP: 24 orang;
  • IPA Terintegrasi Jenjang MTs/SMP: 24 orang;
  • IPS Terintegrasi Jenjang MTs/SMP: 24 orang;
  • Matematika Terintegrasi Jenjang MA/SMA: 24 orang;
  • Biologi Terintegrasi Jenjang MA/SMA: 24 orang;
  • Fisika Terintegrasi Jenjang MA/SMA: 16 orang;
  • Kimia Terintegrasi Jenjang MA/SMA: 16 orang;
  • Geografi Terintegrasi Jenjang MA/SMA: 19 orang;
  • Ekonomi Terintegrasi Jenjang MA/SMA:19 orang;

KSM Tingkat Kabupaten/Kota tahun ini diselenggarakan secara daring dan untuk Kota Singkawang akan dilaksanakan di 15 titik lokasi, demikian dipaparkan oleh Taufiqurrachman selaku Helpdesk Komite KSM Kota Singkawang. Simulasi sudah dilakukan dengan sukses pada Rabu hingga Jumat, 5-7 Juli 2023, lanjutnya. Taufiq menambahkan bahwa dalam pelaksanaan pada tanggal 8-10 Juli 2023 nanti pengawasan dan pemantauan akan dilakukan oleh para pengawas dan komite secara virtual melalui portal KSM. Di samping itu pemantauan juga akan dilakukan melalui zoom meeting, baik oleh Komite KSM Tingkat Kota maupun oleh Komite KSM Tingkat Provinsi, imbuhnya. “Dengan kerjasama semua pihak yang terlibat, Insya Allah pelaksanaan nanti akan berjalan lancar juga sebagaimana simulasi,”pungkasnya.

Kepada seluruh peserta KSM tingkat Kota Singkawang Kepala Kantor Kementerian Agama Kota Singkawang, Drs. H. Muhlis, M.Pd. mengucapkan selamat berkompetisi. “Peserta terbaik akan mewakili Kota Singkawang di tingkat provinsi. Mudah-mudahan tahun ini Singkawang kembali dapat mengirimkan wakilnya hingga ke tingkat nasional.” KSM Tingkat Nasional akan diselenggarakan di Kendari, Sulawesi Tenggara pada 3-7 September 2023.(LA/skw)