Pembekalan dan Pelepasan Santri Musabaqah Qira’atil Kutub Tingkat Nasional

8
Jul 2023
Kategori : Berita
Penulis : humas
Dilihat :306x

Singkawang. Dalam rangka pemberangkatan peserta Musabaqah Qiraatul Kutub (MQK) Tingkat Nasional Tahun 2023, Kepala Kantor Kementerian Agama Kota Singkawang Drs. H. Muhlis, M. Pd memberikan pembekalan kepada pendamping dan peserta lomba MQK, yang di dampingi oleh Kasi Pendis Hj. Rohmawati, S.Pd.I beserta Pelaksana Pendis Liana Aisyah, S.Si di ruang Kepala Kantor Kementerian Agama Kota Singkawang pada hari Jum’at (07/07) pada pukul 14.00 – 15.00.

Kepala Kantor Kementerian Agama Drs. Muhlis, M.Pd, dalam pembekalan sekaligus pelepasan peserta tersebut memberikan pesan kepada peserta bahwa setiap berkompetisi sudah pasti yang di kejar adalah juara, maka bersungguh-sungguh lah dalam bertanding, walaupun juara bukan tujuan utama, tetapi dengan kesungguh-sungguhan itu memberikan kekuatan dan kepercayaan diri dalam menuntaskan perjuangan. Juara adalah bonus dari kesungguhan kita dalam bertanding atau berkompetisi, jadi jangan kecewa atau bersedih ketika kesungguhan kita belum membuahkan hasil, yang pasti kita sudah berusaha dengan maksimal dan membawa nama baik Kota Singkawang untuk mewakili Provinsi Kalimantan Barat, imbuhnya.

Dalam pembekalan sekaligus pelepasan tersebut Kepala Kantor Kementerian Agama mengundang Pimpinan Pondok Pesantren Ash-shomadiyah Abdul Malik, S.Pd.I, M.Pd dan Pimpinan Pondok Pesantren Nurusshibyan yang pada kesempatan kali ini di wakili oleh Kiai Moch. Taufiq. Para peserta yang akan mewakili Kalimantan Barat antara lain : Fajar Maulana Al-Farisy santri yang berasal dari PonPes Ash-shomadiyah Bidang Ilmu Nahwu, Jenjang Ula Putra, lahir di Singkawang, 30 September 2008 siswa kelas 9 MTs Ash-shomadiyah. Peserta berikutnya Aisatun Nely Rohmah berasal dari PonPes Nurusshibyan Bidang Ilmu Fiqh  Jenjang Ulya Putri lahir di Sambas, 18 september 2002 Santri jenjang Ulya pada PonPes Nurusshibyan dan mahasiswa UT. Kemudian peserta terakhir yaitu Puput Puji Nurhayati berasal dari PonPes Nurusshibyan Bidang Ilmu Nahwu Jenjang Ulya Putri  lahir di Seluang, 15 februari 2006 siswa kelas 12 SMA Nurusshibyan. Dan mereka di dampingi oleh Ustadzah Ade Sukmawati lulusan MDT Al-Jufri pada Pondok Pesantren Nurusshibyan, lalu melanjutkan di Pondok Pesantren Pondok Pesantren Al-Anwar, Kec. Sarang, Kabupaten Rembang yang didirikan oleh almarhum KH Maimun Zubair.

Pagelaran Musabaqoh Qiraatul Kutub (MQK) tingkat Nasional ini menurut rencana akan dilaksanakan pada tanggal 10-18 Juli 2023, bertempat di Pondok Pesantren Sunan Drajat Kabupaten Lamongan Provinsi Jawa Timur.(MD/skw)