In House Training Implementasi Kurikulum Merdeka Belajar

12
Jul 2023
Kategori : Berita
Penulis : humas
Dilihat :380x

Singkawang. Menyambut Tahun Ajaran baru, MTs Negeri Singkawang mengadakan kegiatan In House Training (IHT) Implementasi Kurikulum Merdeka Belajar (IKM) di Gedung MTs Negeri Singkawang yang di buka secara resmi oleh Kepala Kantor Kementerian Agama Kota Singkawang, Drs. H. Muhlis, M.Pd, pada hari Selasa (11/07/23).

Pada acara pembukaan Kepala MTs Negeri Singkawang Ajat Sudrajat, S.Ag dalam sambutannya menyatakan kegiatan In House Training IKM ini diikuti oleh semua tenaga pendidik dan tenaga kependidikan MTs Negeri yang dilakukan secara mandiri dalam rangka mengantisipasi perubahan kurikulum, yang nanti akan diterapkan kepada peserta didik dan para guru sebagai ujung tombak penerapan kurikulum di lapangan, agar pelaksanaan kurikulum berjalan sebagaimana mestinya. Dan yang menjadi pemateri kegiatan ini juga adalah rekan-rekan guru MTs Negeri yang sudah mengikuti  Diklat dan PJJ Tutor IKM.

Usai sambutan kepala madrasah, dilanjutkan dengan sambutan oleh Kepala Kantor Kementerian Agama Drs. H. Muhlis, M.Pd, sekaligus membuka secara resmi beliau menyampaikan bahwa pada dasarnya seorang guru itu sudah terbiasa dengan perubahan kurikulum dan bukan untuk pertama kalinya, yang sebenarnya hanya perubahan nama tetapi esensinya sama dan lebih kepada pengembangan penerapannya saja, jadi jangan terlalu kaget dan stres tetapi dinikmati saja.  Dalam kesempatan itu juga tidak lupa beliau menyampaikan arahannya bahwa ASN ini adalah agen pemerintah bukan oposisi dan seharusnya mensosialisasikan kebijakan-kebijakan Kementerian Agama yaitu memaksimalkan peran fungsi pegawai kementerian Agama salah satu orientasi nyata dalam visi misi kementerian agama yaitu Moderasi beragama, imbuhnya.

Dalam kesempatan yang sama namun di tempat yang berbeda, Drs. H. Muhlis, M.Pd, juga membuka secara resmi IHT IKM Tingkat Madrasah Ibtidaiyah Singkawang di Gedung MI Muhammadiyah yang di adakan oleh KKM MI Kota Singkawang. Pesan dalam sambutannya tidak jauh berbeda dengan sambutan di MTs Negeri, sedikit tambahan untuk Kepala MI yang hadir pada acara tersebut, beliau menyampaikan bahwa sebagai Kepala Madrasah harus lebih dulu memahami Kurikulum Merdeka ini agar nanti dapat memantau perkembangan dan meningkatkan kemampuan guru-guru dalam menerapkan dan mengimplementasikan KuMEr ini. Dan tidak lupa juga beliau menambahkan bahwa Madrasah itu harus Layak Pandang dan Layak Makan yaitu memperhatikan kondisi kebersihan lingkungan, tambahnya.

Sebelumnya sambutan Ketua KKM MI Kota Singkawang yang pada kesempatan kali ini diwakili oleh Legimin, S.Pd.I menyatakan, IHT ini sangat penting terutama bagi tendik ditingkat Madrasah Ibtidaiyah, karena tahun pelajaran 2023-2024 merupakan awal penerapan Kurikulum Merdeka. IHT dimaksudkan untuk memberikan pemahaman kepada tendik terkait IKM yang di ikuti sebanyak 60an peserta yang berasal dari 7 MI se-Kota Singkawang. Dan narasumber berjumlah 2 orang yaitu guru SMA 1 Singkawang, Agus Wahyudi, M.Pd, dan Pengawas Madrasah Ibtidaiyah, Hj. Idawati, M.Pd.

Perlu diketahui juga bahwa pelaksanaan IHT IKM di MTs Negeri Singkawang berlangsung selama 3 hari yaitu dari hari Selasa – Kamis (11-13 Juli 2023). Sedangkan pelaksanaan IHT IKM Madrasah Ibtidaiyah berlangsung selama 2 hari yakni di mulai hari Selasa – Rabu (11-12 Juli 2023).(MD/skw)