Bimbingan Calon Pengantin

13
Jul 2023
Kategori : Berita
Penulis : humas
Dilihat :461x

Singkawang. Pembukaan Bimbingan Calon Pengantin (Catin ) oleh Kepala Kantor Kementerian Agama Kota Singkawang, Drs. H. Muhlis, M. Pd  didampingi Kepala KUA Kecamatan Singkawang Tengah, Reno Hidayat, MM, diikuti sebanyak 23 Pasangan, Rabu 12 Juli 2023.

Dalam sambutannya Muhlis menyatakan bahwa membangun rumah tangga bukan perkara yang mudah dan gampang, karena calon istri dan suami bukan sekedar menjadi pendamping pasangan saja, tetapi mereka adalah patrner sehidup sesurga. Dan nantinya akan menjadi sosok seorang ayah dan ibu. Maka dalam membangun mahligai rumah tangga perlu adanya persiapan dan bimbingan yang matang. Sebab pasanagan suami istri ini akan mengarungi bahtera yang panjang, sudah pasti banyak tantangan. Maka mempersiapkan diri sebelum menjadi pengantin itu menjadi sebuah kewajiban agar perkawinan kokoh menuju keluarga sakinah, mawadah dan warahmah. Dan untuk mencapai tujuan itu seharusnya seorang laki laki sebagai kepala rumah tangga, menjadi panutan contoh insan yang beriman dan harus memiliki bekal Taqwa, tandas Muhlis sampainya kepada para Catin yang ikut dalam kegiatan bimbingan tersebut.

Kepala KUA, Reno Hidayat, MM dalam sambutan pembukaan tidak lupa mengucapkan terima kasih kepada peserta Bimbingan Calon Pengantin yang menyempatkan waktu hadir dikesempatan ini.  Sesuai dengan tema kegiatan ini yaitu “Melalui Bimbingan Perkawinan untuk Menuju Keluarga Sakinah, Mawadah dan Warahmah”, kedepan diharapkan dapat mempertahankan perkawinan ini agar tidak adanya perceraian yang dibolehkan Agama namun dimurkai oleh Allah Swt.

Kegiatan ini berlangsung selama 2 hari, dimulai hari Rabu-Kamis (12-13 Juli) bertempat di Kantor KUA Singkawang Tengah. Kegiatan ini juga diisi pemateri berkompeten dibidangnya seperti perwakilan dari Dinas Kesehatan yang mengisi materi pada hari pertama dengan tema “Menjaga Kesehatan Reproduksi Keluarga”. Dan hari kedua akan diisi oleh Ust. H. Abdul Halim Abdul Majid, Lc (Penyuluh Fungsional KUA Singkawang Tengah), dengan materi : 1. Mempersiapkan Keluarga kokoh menuju Keluarga Sakinah, 2. Mengelola dinamika Perkawinan Dan Keluarga, 3. Memenuhi Kebutuhan Keluarga, 4. Menyiapkan Generasi Berkualitas, 5. Mengelola konflik Dan membangun ketahanan keluarga.(MD/skw)