Pembukaan MTQ X Tingkat Kota Singkawang

15
Jul 2023
Kategori : Berita
Penulis : humas
Dilihat :328x

Singkawang. Kepala Kantor Kementerian Agama Kota Singkawang, Drs. H. Muhlis, M.Pd menghadiri acara pembukaan Musabaqah Tilawatil Qur’an ke-X Tingkat Kota Singkawang Tahun 2023 yang diselenggarakan di halaman Kantor Kecamatan Singkawang Selatan pada Jum’at malam 14 Juli 2023. Adapun pelaksanaan MTQ dilaksanakan selama 4 hari yaitu pada tanggal 14-18 Juli 2023.

Pembukaan MTQ ke-X di awali dengan laporan ketua panitia MTQ, Aprianto, S.Sos. Beliau menyampaikan jumlah total seluruh peserta dari 5 Kecamatan sekitar 172 orang dengan rincian : Singkawang Barat (36 orang), Singkawang Selatan (35 orang), Singkawang Tengah (38 orang),  Singkawang Timur (33 orang), Singkawang Utara (30 orang), sedangkan jumlah total official sebanyak 50 orang. Adapun cabang lomba terdiri dari 5 cabang lomba yaitu : Cabang Tilawah Al-Qur’an, Cabang Hifdzil Qur’an, Cabang Fahmil Qur’an, Cabang Syarhil Qur’an, dan terakhir Cabang Khottil Qur’an. Dan untuk lokasi  lomba terbagi menjadi 3 tempat :  untuk Cabang Tilawah dan Syarhil Qur’an bertempat di Mimbar Utama halaman Kantor Camat Singkawang Selatan, untuk Cabang Hifdzil Qur’an bertempat di Masjid Baiturrahman, sedangkan Cabang Fahmil dan Khottil Qur’an bertempat di SDN 50 Singkawang. Untuk biaya kegiatan dibebankan kepada hibah Pemerintah Kota Singkawang melalui  LPTQ Kota Singkawang. Setelah laporan dari ketua panitia, ketua LPTQ Kota Singkawang menyerahkan Piala Bergilir kepada ketua pantia pelaksana MTQ ke-X tahun 2023 untuk diperebutkan oleh kafilah dari masing-masing kecamatan.

MTQ ke-X Kota Singkawang dibuka secara resmi oleh Pj. Sekda Singkawang, Aulia Chandra, S.STP yang ditandai dengan pemencetan Sirine secara bersama dengan didampingi Ketua LPTQ Kalbar, Ketua LPTQ Kota Singkawang, Kepala Kemenag Kota Singkawang, Forkopimda Kota Singkawang, Kepala SKPD dan Instansi Pemerintahan Kota Singkawang, Ketua MUI, Ketua Ormas Islam dan Tokoh-tokoh Masyarakat Kota Singkawang.

Pada kesempatan itu, Muhlis dalam sambutannya menyampaikan bahwa tema MTQ kali ini ialah “Kita Syukuri Nikmat Islam dan Mengaktualisasikan Nilai-Nilai Keislaman Dengan Terus Memantapkan Toleransi Antar Umat Beragama Dalam Kehidupan Berbangsa dan Bernegara” sejalan dengan Visi Kantor Kementerian Agama Kota Singkawang merujuk pada visi Kementerian Agama RI yaitu Kementerian Agama yang profesional dan andal dalam membangun masyarakat yang sholeh, moderat, cerdas dan unggul untuk mewujudkan Indonesia yang maju dan berdaulat, mandiri, dan berkepribadian berdasarkan gotong royong. Dan sesuai dengan amanat Kementerian Agama yaitu Moderasi dalam beragama. Ia menilai kegiatan MTQ adalah sebagai ajang untuk menggali potensi diri dalam ilmu keagamaan untuk melahirkan generasi  qur’ani yang berkualitas, taat beragama dan berakhlak mulia. Dan harapannya MTQ ke-X dapat terlaksana dengan aman, lancar dan sukses serta menghasilkan qori dan qoriah terbaik yang akan mewakili Kota Singkawang pada MTQ tingkat Provinsi Kalimantan Barat yang akan datang, tutupnya.(MD/skw)