Semarakkan Tahun Baru Islam, PHBI Selenggarakan Pawai 1 Muharram

20
Jul 2023
Kategori : Berita
Penulis : humas
Dilihat :451x

Singkawang. Pergantian Tahun Baru Islam kali ini dirayakan dan disambut dengan sangat meriah oleh seluruh lapisan masyarakat Kota Singkawang. Kemeriahan terlihat pada saat pelaksanaan Pawai 1 Muharram dalam menyambut Tahun Baru Islam 1445 H di Kota Singkawang, sekitar kurang lebih 8.000 peserta pawai tumpah ruah memadati area sekitar Masjid Raya dan sekitarnya pada hari Rabu 19 Juli 2023.

Ketua PHBI Kota Singkawang H. Ruslan Karim dalam laporannya menyampaikan bahwa pawai 1 Muharram setiap tahunnya rutin diadakan di Kota Singkawang. Namun menurutnya, pawai 1 Muharram tahun ini lebih spesial, karena ada doorprize besar yaitu lima paket umroh yang merupakan pemberian dari tokoh Nasional Kalimantan Barat yaitu Bapak Osman Sapta Odang. Hal itulah yang menjadi daya tarik kuat meningkatnya antusias partisipasi masyarakat khususnya umat muslim Kota Singkawang. Melalui tema : “Merajut Ukhuwah Menggapai Berkah” Ia berharap kepada masyarakat muslim, dengan semangat toleransi kita dapat menjaga semangat persatuan dan kesatuan di Kota tertoleran ini, ungkapnya. Adapun rute yang dilalui pada saat pawai yaitu : Masjid Raya-Jalan Niaga-Jalan Budi Utomo-Jalan Kurau-Jalan Setia Budi-Jalan Sejahtera-Beringin Corner-Jalan P. Diponegoro-Jalan Yos Sudarso dan kembali ke Masjid Raya. Peserta yang ikut menyemarakkan pawai 1 Muharram adalah seluruh masyarakat muslim Kota Singkawang, di antaranya adalah : ormas-ormas Islam, Pengurus Masjid, Majlis Taklim, Lembaga Pendidikan dan Instansi Pemerintahan yang ada di Kota Singkawang.

Pada kesempatan berikutnya Pj. Walikota Singkawang, Drs. H. Sumastro, M.Si Dalam sambutan sekaligus melepas peserta pawai. Sumastro menyampaikan : “Dengan tema Merajut Ukhuwah Menggapai Berkah”, ia berharap bukan hanya Ukhuwah Islamiyah yang digapai, namun juga ukhuwah yang lebih luas yaitu ukhuwah wathaniyah sebagai bagian dari masyarakat Kota Singkawang yang sangat beragam,” harapnya. Sebelum melepas iringan peserta pawai, diawali dengan dikibarkannya bendera oleh Pj. Walikota Singkawang Drs. H. Sumastro, M.Si  dan di dampingi oleh Kepala Kantor Kementerian Agama Kota Singkawang Drs. H. Muhlis, M.Pd, Ketua DPRD Kota Singkawang, H. Sujianto, Forkopimda Kota Singkawang dan beberapa tokoh Agama.(MD/skw)