Monitoring ANBK Tahun 2023

29
Agu 2023
Kategori : Berita
Penulis : humas
Dilihat :292x

Singkawang. Kepala Kantor Kementerian Agama Kota Singkawang Drs. H. Muhlis, M.Pd monitoring hari kedua Pelaksanaan Asesmen Nasional Berbasis Komputer (ANBK) tahun 2023 di Madrasah Aliyah Swasta (MAS) Asy-Syafi’iyah Kota Singkawang, pada hari Selasa (29/08/2023).

Kedatangan Kakan Kemenag Kota Singkawang, Drs. H. Muhlis, M.Pd disambut langsung oleh Kepala MA Asy-Syafi’iyah, Asmuni, Lc dan Kepala MTs Asy-Syafi’iyah, Nur Rafiin, S.Pd di ruang kantor Madrasah. Dalam kesempatan monitoring  tersebut Asmuni melaporkan : “Pelaksanaan ANBK di MA Asy-Syafiiyyah dilaksanakan selama 2 hari dari tanggal 28-29 Agustus 2023 di Ruang Lab Komputer  Asy-Syafi’iyah. Sampel Peserta ANBK diambil dari siswa kelas XI sejumlah 50 orang yang terdiri dari 45 orang peserta utama dan di tambah 5 orang peserta cadangan. Dikarenakan pelaksanaan ANBK hanya menggunakan 1 ruang lab komputer, maka dalam 1 hari dibagi menjadi 3 sesi, jumlah peserta sesi ke-1 sebanyak 16 siswa, sesi ke-2 sebanyak 15 siswa dan sesi ke-3 sebanyak 14 siswa. Pelaksanaan ANBK dihari pertama pada sesi ke-1 dan ke-2 berjalan aman dan lancar, tapi masuk sesi ke 3, terkendala pada proktor yang tidak bisa masuk, sehingga sesi ke-3 tidak bisa dilanjutkan. Maka langkah pertama yang dilakukan proktor untuk mencari solusi yang pertama, bertanya ke teman-teman operator lain, kedua menanyakan masalah terkait ke operator Kemenag Kota, dan solusi terakhir membuat pengaduan pada web ANBK. Dan pelaksanaan pada hari kedua ini harapannya semoga berjalan dengan lancar tanpa kendala suatu apapun, tutupnya.

Kakan Kemenag Kota Singkawang, Drs. H. Muhlis, M.Pd dalam kesempatan monitoring tersebut menyampaikan harapannya pada pelaksanaan ANBK di Madrasah Asy-Syafi’iyah pada hari kedua ini bisa berjalan dengan lancar dan tanpa ada halangan seperti kejadian pada hari pertama kemarin. Muhlis juga menyampaikan jika pelaksanaan hari kedua ini terjadi tanda-tanda bermasalah dan kendala pada ANBK, untuk sesegera mungkin berkoordinasi ke operator Kota. Dalam kesempatan itu juga Kakan Kemenag dan Kepala Madrasah berdiskusi terkait perkembangan dan kendala-kendala yang terjadi di Madrasah baik dalam hal menarik minat masyarakat terhadap Pontren dan Madrasah Asy-Syafi’iyah yang cenderung menurun dari tahun-tahun sebelumnya. Solusi dan saran dari Kakan Kemenag untuk lebih gencar dalam hal sosialisasi baik di media sosial maupun terjun langsung ke masyarakat di daerah-daerah yang jauh dari jangkauan, bisa dalam bentuk utusan Santri ke daerah untuk Praktek Kerja Lapangan pengabdian ke masyarakat,” ujarnya. (MD/skw).