Bimbingan Manasik Haji Sepanjang Tahun

8
Sep 2023
Kategori : Berita
Penulis : humas
Dilihat :311x

Singkawang. Kantor Kementerian Agama Kota Singkawang melalui Penyelenggara Haji dan Umrah menggelar kegiatan Bimbingan Manasik Haji Sepanjang Tahun, Kamis (07/09). Kegiatan yang digelar di Aula Restoran Taman Sari tersebut dibuka secara resmi oleh Kepala Kantor Kementerian Agama Kota Singkawang, Drs. H. Muhlis, M.Pd.

Penyelenggara Haji dan Umrah Kankemenag Kota Singkawang yang sekaligus Ketua Panitia Pelaksana, Drs. H. Marhola, dalam laporannya mengucapkan terima kasih kepada para Jamaah Haji Kota Singkawang untuk hadir pada kegiatan yang penting ini, sebagai rangkaian persiapan menjalankan rukun Islam yang kelima. Dalam melaksanakan ibadah haji lanjutnya, banyak hal yang harus disiapkan antara lain kesiapan ekonomi, fisik, mental serta pemahaman terhadap mekanisme ibadah haji itu sendiri. Marhola menyampaikan bahwa sosialisasi program ini diberi nama Bimbingan Manasik Haji Sepanjang Tahun, karena jamaah yang mendaftar haji tidak mengenal musim. Maksud dan tujuan diadakannya kegiatan ini adalah sebagai penyuluhan Manasik Haji kepada Jamaah Haji daftar tunggu 1 (satu) sampai dengan 2 (dua) tahun menjelang keberangkatan menuju kemandirian dalam melaksanakan Ibadah Haji bagi 200 orang jamaah haji yang merupakan jamaah estimasi berangkat pada tahun 2024 dan 2025 nanti, tutupnya.

Selanjutnya, Muhlis dalam sambutannya sekaligus membuka acara mengatakan bahwa pelaksanaan manasik haji sepanjang tahun merupakan satu ikhtiar untuk meningkatkan kualitas pemahaman jamaah terhadap pelaksanaan ibadah haji serta membentuk kemandirian jamaah melaksanakan seluruh rangkaian ibadah haji di tanah suci secara independen, agar jamaah haji mempersiapkan diri dengan berbagai bekal, utamanya pengetahuan atau ilmu,” ucapnya. Kegiatan ini juga bertujuan untuk meningkatkan kualitas strategi serta performa pelayanan bimbingan dalam memberikan pelayanan ibadah haji dan mengembangkan materi bimbingan ibadah. Selanjutnya Muhlis mengingatkan kepada para jamaah haji agar mempersiapkan diri secara jasmani terus menjaga kesehatan dan kebugaran fisik agar kebiasaan ini dapat menunjang pelaksanaan iabdah haji nantinya yang sangat menguras fisik dan tenaga. Tenang dalam menjalankan ibadah haji agar memperoleh predikat haji yang mabrur dan mabruroh, pungkasnya.

Dalam rangkaian kegiatan bimbingan manasik tersebut Penyelenggara Haji dan Umroh menghadirkan 4 narasumber yang kompeten di bidangnya diantaranya yaitu Kakan Kemenag Kota Singkawang, Drs. H. Muhlis, M.Pd dengan materi : Kebijakan Pemerintah dalam Penyelenggaraan Ibadah Haji (Layanan lansia & Hak dan Kewajiban Jamaah Haji); Ketua TIM Bina Haji Reguler Kanwil Kemenag Prov. Kalbar, M. Ma’shum Ahmadi, S.Ag, ME dengan materi Kebijakan Pemerintah dalam Penyelenggaraan Ibadah Haji (Pengelolaan dana haji); Kabag Kesra Setda Kota Singkawang, Drs. H. Sukardi, MPS dengan materi Tata Kelola Pembayaran dan Penyembelian Hewan DAM; dan Kabid P2P Dikes dan KB Kota Singkawang, Mursalin, SKM, MKM dengan materi Penguatan Isthita’ah Kesehatan Haji. (MD/skw).