Kankemenag Kota Singkawang Terima Study Banding Kankemenag Kab. Sanggau

29
Sep 2023
Kategori : Berita
Penulis : humas
Dilihat :362x

Singkawang. Kantor Kementerian Agama Kota Singkawang menerima Kunjungan Kerja dari Kantor Kementerian Agama Kabupaten Sanggau, yang berlangsung di Op Room Kankemenag Kota Singkawang, pada hari Rabu (28/09/2023).

Kehadiran rombongan Kunjungan Kerja dari Kankemenag Kab. Sanggau sejumlah 17 orang peserta, dipimpin oleh Kakan Kemenag Kab. Sanggau, H. Anuar Akhmad, S.Ag. MM beserta Unsur Pimpinan dan para Staf yang diterima langsung oleh Kakan Kemenag Kota Singkawang, Drs. H. Muhlis, M.Pd, di dampingi oleh Kepala Sub Bagian Tata Usaha, Aliyansah, S.Pd.I, M.Pd. Kunjungan kerja kali ini bertujuan untuk melaksanakan studi banding/studi tiru terkait membahas penyusunan tim kerja dan penyusunan dokumen rencana kerja Pembangunan Zona Integritas (ZI) menuju Wilayah Bebas Korupsi (WBK).

Dalam sambutannya, Kakan Kemenag Kab. Sanggau, Anuar Akhmad menyampaikan bahwa selain ingin menjalin silaturahim dengan Kemenag Kota Singkawang, pihaknya juga ingin studi banding/studi tiru dalam Pembangunan ZI menuju WBK dan WBBM. Kemenag Kab. Sanggau juga ingin belajar bagaiamana proses dibentuknya Tim ZI, dan bagaimana Tim ZI mulai bekerja, khususnya menyangkut tahapan-tahapan dan dokumen-dokumen yang harus dipersiapkan, mengingat Kantor Kemenag Kota Singkawang telah mampu meraih predikat WBK di tahun 2019 dan akan menuju predikat WBBM, sehingga dapat dijadikan motivasi serta percontohan bagi Kantor Kemenag Kab. Sanggau untuk mewujudkan Pembangunan ZI Menuju WBK/WBBM, terangnya

Dalam sambutan selamat datangnya, Kakan Kemenag Kota Singkawang, Muhlis, merasa senang dan memberikan apresiasi yang tinggi kepada Kakan Kemenag Kab. Sanggau dan rombongan yang menjadikan Kemenag Kota Singkawang sebagai rujukan studi banding Pembangunan WBK dan WBBM. Muhlis juga sedikit memaparkan terkait proses perubahan menuju Zona Integritas dan WBK menyasar pada 8 area perubahan, beberapa area perubahan yang difokuskan adalah terkait perubahan budaya kerja, pola pikir dan nilai-nilai berorganisasi di Kementerian Agama. Yang paling penting dalam pembangunan ZI ini adalah bagaimana kita membangun dan membentuk mindset dan mental para pegawai untuk siap menjaga kedisiplinan dan kejujuran dalam bekerja. Namun berkat usaha dan kegigihan seluruh stakeholder di lingkungan Kankemenag Kota Singkawang dengan segala keterbatasan yang dimiliki, Kankemenag Kota Singkawang akhirnya mampu membangun ZI seperti sekarang ini., jelasnya. Konsistensi inilah yang harus dijaga dan diperjuangkan demi tercapainya cita-cita bersama, tutupnya.

Setelah sambutan Kakan Kemenag Kota Singkawang, acara dilanjutkan dengan pemaparan grand design Pembangunan Zona Integritas Menuju WBK dan WBBM oleh Kasubbag TU, Aliyansah, selaku Ketua Tim ZI Kemenag Kota Singkawang, dilanjutkan diskusi dengan sharing dan tanya jawab. Diakhir sesi Aliyansah juga mempersilahkan untuk mengambil contoh dokumen ZI baik hardcopy maupun softcopynya dengan harapan bisa memberikan gambaran bagaimana membangun ZI di Kankemenag Kota Singkawang. Kemudian diteruskan dengan berkeliling ruangan kantor dan ruang kerja tim ZI Kankemenag Kota Singkawang. (MD/skw).