Muhlis Buka Kegiatan Visitasi Akreditasi MAS Ushuluddin Singkawang

3
Okt 2023
Kategori : Berita
Penulis : humas
Dilihat :261x

Singkawang. Kepala Kantor Kementerian Agama Kota Singkawang, Drs. H. Muhlis, M.Pd membuka secara resmi kegiatan Visitasi Akreditasi di MAS Ushuluddin Kota Singkawang oleh Badan Akreditasi Nasional Sekolah/Madrasah (BAN/SM) Provinsi Kalimantan Barat, dengan tim Asesor Marsela Diaz, S.E., M.S.Ak dan  Syarifah Novieyana, S.E, M.M yang diselenggarakan di Aula MAS Ushuluddin Kota Singkawang, pada hari Senin (02/10/2023).

Dalam kesempatan itu Kepala MAS Ushuluddin Kota Singkawang, H. Kamal, S.Ag, MM, menyampaikan selamat datang dan ucapan termaksih kepada Kakan Kemenag Kota Singkawang dan Tim Asesor BAN/SM Prov. Kalbar. Lebih lanjut kamal menyatakan harapannya dengan datangnya Tim Asesor BAN/SM menambah barokah untuk Madrasah ini dan juga semoga nilai Akreditasi kali ini minimal bisa dipertahankan dan berharap bisa lebih dari yang sebelumnya, tapi bagaimanapun tetap sesuai nanti hasil penilaian di lapangan setelah dicek berkas-berkas dan verifikasi dilapangan, pungkasnya.

Sementara itu Tim Asesor BAN/SM, Marsela Diaz dan Syarifah Novieyana dalam sambutannya menyatakan bahwa 3 Sekolah yang dalam target Visitasi Akreditasi ini adalah termasuk sekolah-sekolah terbaik yang sudah mendapat predikat A semua, salah satunya MAS Ushuluddin yang merupakan Akreditasi yang kesekian kalinya atau bahasa lainnya adalah re-akreditasi, ungkapnya. Dalam penilaian ini Tim Asesor tidak hanya observasi saja, tetapi ada 3 metode yaitu penilaian dokumen melaksanakan verifikasi data/dokumen yang telah terupload di Aplikasi Sispena beberapa bulan yang lalu, kemudian dilanjutkan dengan verifikasi lapangan dengan melaksanakan wawancara secara langsung kepada Kapala Madrasah, Kaur TU, Wakamad, seluruh GTK, Komite Madrasah, orang tua siswa, dan dilanjutkan dengan verifikasi kegiatan proses pembelajaran serta verifikasi sarana dan prasanara Madrasah, jelasnya. Kemudian dalam Asesmen Akreditasi ini ada 4 kriteria penilaian, yaitu (mutu lulusan, proses pembelajaran, mutu guru dan terakhir manajemen sekolah), tutupnya.

Selanjutnya Kakan Kemenag Kota Singkawang, Muhlis dalam sambutanya selama membuka acara menyatakan bahwa akreditasi madrasah merupakan tolak ukur dari kualitas madrasah tersebut, karena masyarakat masih berharap Sekolah/Madrasah tujuan anaknya bersekolah nantinya akan berpengaruh kepada anak-anak yang akan melanjutkan ke Perguruan Tinggi, tegasnya. Lebih lanjut dirinya menyatakan dukungan sepenuhnya akan kegiatan Visitasi Akredatasi Madrasah dan Ia yakin bahwa Guru-guru dan Tendik yang tergabung dalam Tim Persiapan Akreditasi MAS Ushuluddin pastinya sudah melakukan yang terbaik untuk mempersiapkan segala sesuatunya ini, ucapnya. Kemudian Muhlis mengajak kepada Madrasah untuk terus meningkatkan mutu dan kualitasnya, baik dari materi pembelajaran sampai dengan sarana dan prasarana penunjang kegiatan belajar mengajar agar kualitas Peserta Didik tetap terjaga dan semakin meningkat. Terakhir harapannya semoga Visitasi Akreditasi yang dilaksanakan pada kali ini mendapatkan hasil yang memuaskan dan Akreditasi Madrasah MAS Ushuluddin tetap dan bahkan bisa lebih baik lagi, tukasnya.(MD/skw)