Pembinaan Kepala Madrasah tingkat RA, MI, MTs dan MA se-Kota Singkawang

11
Okt 2023
Kategori : Berita
Penulis : humas
Dilihat :364x

Singkawang. Kepala Kantor Kementerian Agama Kota Singkawang, Drs. H. Muhlis, M.Pd, melaksanakan Pembinaan kepada seluruh Kepala dari tingkat RA, MI, MTs dan MA baik Negeri maupun swasta, bertempat di Op Room Kankemenag Kota Singkawang, pada hari Selasa siang (10/10/2023).

Turut hadir mendampingi Kepala Seksi Pendidikan Islam, Hj Rohmawati, S.Pd.I, Pengawas PAI, Asmaradi, S.Ag, Pengawas MI, H. Ehwan, S.Ag, Pengawas MTs, Andi, S.Pd, dan Pengawas MA, Idawati, S.Pd. Pelaksanaan Pembinaan ini dalam  rangka Peningkatan Kualitas Pendidikan Madarasah menuju Madrasah Hebat, sesuai surat himbauan Kakanwil Kemenag Prov. Kalbar, Dr. H. Muhajirin Yanis, M.Pd.I,  Nomor : B-26/Kw.14/PP.03/10/2023.

Dalam pembinaannya, Kakan Kemenag Kota Singkawang, Muhlis, mengawali dengan menyampaikan beberapa informasi pertama terkait agenda dalam waktu dekat yaitu memperingati Hari Santri pada tanggal 22 Oktober yang in sya Allah dipusatkan di Pontren Ibnu Taimiyah, kedua Festival HAM sekaligus Peringatan Hari Jadi Kota Singkawang tanggal 17 Oktober, beliau berharap seluruh RA dan Madrasah dapat berpartisipasi ikut memeriahkan kegiatan tersebut.

Selanjutnya Muhlis mengingatkan dalam pembinaan tersebut, setiap Kepala RA dan Madrasah untuk memprioritaskan  Program Menteri  Agama dan  Program Kakanwil Kemenag Prov. Kalbar, yang meliputi tentang Moderasi Beragama, Madrasah Ramah Anak, Madrasah Ramah Lingkungan, Madrasah Adiwiyata, dan  Stunting. Semua hal tersebut dalam rangka untuk meningkatkan Kualitas Pendidikan Madrasah menuju Madrasah Hebat, ucapnya. Setiap Kepala juga harus menganalisis faktor penyebab jika ada penurunan peminatan calon peserta didik untuk mendaftar masuk ke Madrasah kita, selalu berkoordinasi dan membangun komunikasi antar sesama Kepala, pengawas, guru dan yayasan masing-masing terkait strategi dan inovasi yang menjadi unggulan di Madrasah sebagai penguat untuk menanamkan kepercayaan kepada masyarakat kembali terhadap Madrasah kita, tegasnya. Kemudian Muhlis juga menekankan untuk membuktikan kita siap bersaing dan berkompetisi yang sesuai motto kita adalah Madrasah Mandiri dan Berprestasi, maka selalu ikut berkontribusi dalam setiap even dan ajang perlombaan baik tingkat daerah maupun nasional.

Berikutnya sesuai instruksi dan Himbauan untuk  memprioritaskan  Program Menteri  Agama dan  Program Kakanwil Kemenag Prov. Kalbar yang meliputi penguatan Moderasi Beragama dan 4 Pilar Kebangsaan (Pancasila, UUD 1945, NKRI dan Bhinneka Tunggal Ika), Madrasah Ramah Anak, Madrasah Ramah Lingkungan, Madrasah Adiwiyata, dan Stunting kepada peserta didik di Madrasah, tegasnya. Terakhir beliau menyampaikan dalam  menghadapi  Pemilu  2024 kita dilarang untuk ikut melakukan kampanye atau  menjadi bagian  Timses  Pasangan Calon  dan   selalu  menjaga  Netralitas  demi  menjaga  Stabilitas Nasional, tutupnya. (MD/skw).