Peringatan Hari Jadi Ke-22 Pembentukan Kota Singkawang dan Festival HAM Tahun 2023

18
Okt 2023
Kategori : Berita
Penulis : humas
Dilihat :333x

Singkawang. Kepala Kantor Kementerian Agama Kota Singkawang, Drs. H. Muhlis, M.Pd menghadiri Acara Peringatan Hari Jadi Ke-22 Pembentukan Kota Singkawang dan Pembukaan Festival HAM Tahun 2023 sekaligus sebagai pembaca doa dalam acara tersebut, bertempat di halaman Kantor Walikota Singkawang, yang berlangsung pada hari Selasa (17/10/2023).

Hadir dalam acara tersebut undangan dari Perwakilan Kepala Staf Keperesidenan, Prof. DR Siti Ruhaini Zuhayatin M.A., Ketua Komnas HAM RI, Atnike Nova Sigiro, Plh. Dirjen Politik Mendagri, Togaf Simangunsong, Exesekutif Directur Gywangju international Center Mr. Shin Gyonggu, Direktur Infid, Iwan Mistohizzaman, PJ. Gubernur Kalimantan Barat, dr. H. Harisson, M.kes., Danrem 121/ABW, Kapolda Kalbar diwakili Kapolres Singkawang. Tampak hadir  Ketua dan Wakil Ketua Pengadilan Tinggi Kalimantan Barat, Komisaris Utama Bank Kalbar, Kepala Kpw. Bank Indonesia Prov. Kalbar, Aspidum Kejasaan Tinggi Kalimantan Barat, Ketua DPRD Kota Singkawang, Forkopimda Kota Singkawang, Kepala Dinas dan Instasi, Mantan Walikota dan Wakil Walikota Singkawang, Perwakilan Polres Jajaran Polda Kalbar, Kepala OPD se-Kalbar, Kepala OPD se-Kota Singkawang, Anggota DPR Provinsi Kalimantan Barat, Anggota DPRD Kota Singkawang, Legiun Veteran Singkawang, Tomas, Toga dan Todat Kota Singkawang, Peserta Event Nasional Festival HAM dan Syukuran Peringatan Hari Jadi ke-22 Pembentukan Kota Singkawang dan Undangan lainnya. Rangkain demi rangkaian acara dilaksanakan, diawali dengan menyanyikan lagu Indonesia Raya selanjutnya pembacaan do’a yang dipimpin oleh Drs. H. Muhlis, M.Pd selaku Kakan Kemenag Kota Singkawang, dilanjutkan dengan persembahan Tarian Rentak NKRI dari Sanggar Simpoer, dan sambutan-sambutan.

Pj. Walikota Singkawang, Drs. H. Sumastro, M.Si dalam sambutannya menyampaikan atas nama Pemkot Singkawang menyambut baik kegiatan Festival HAM ini, yang juga bertepatan dengan Peringatan Hari Jadi Ke-22 Pembentukan Kota Singkawang dengan tema “Kerja Cepat Kerja Tuntas Untuk Singkawang Kota Tertoleran Yang Inklusif dan Dinamis”. Kita harapkan lewat kegiatan ini bisa memberikan apresiasi dan capaian serta penghormatan atas pemenuhan HAM serta dapat menghasilkan rekomendasi terkait produk Hukum HAM kedepan, harapnya. Ia juga berharap melalui partisipasi peran serta Kota Singkawang ini menjadi ajang mengangkat eksistensi Kota Singkawang, tidak hanya ditingkat Nasional tapi lebih jauh sampai ketingkat Internasional. Dan tentunya semua ini tak lepas dari dukungan dari semua pihak, masukan dan kritik dari berbagai pihak sangat diharapkan untuk kemajuan Kota Singkawang, pungkasnya.

Selanjutnya Ketua Komnas HAM RI, Dr. Atnike Nova Sigiro. M,Sc. M,Sw, menyampaikan sependapat dengan Pj. Walikota, yang mengapresiasi atas terselenggaranya dan terpilihnya Kota Singkawang menjadi tuan rumah Festival HAM tahun 2023 ini. Karena Kota Singkawang dicatat sebagai Kota yang paling toleran di Indonesia, dan itu menjadi salah satu syarat agar HAM dapat dipenuhi dan di lindungi, maka peran masyarakat di dalam HAM ini sangat penting  dan Kota Singkawang sudah memiliki modalitas yang sangat besar untuk itu. Tapi modal lain yang diperlukan tentu saja adalah peran pemerintah, baik Pemerintah Daerah, Kota/Kabupaten, ProVinsi hingga Pusat, ungkapnya. Kota Singkawang sebagai Tuan Rumah Festival HAM tahun 2023 ini, akan menjadi contoh baik untuk Kabupaten/Kota di seluruh Provinsi di Indonesia, ujarnya.

Dalam sambutan dan sekaligus membuka acara secara resmi, Pj. Gubernur Kalimantan Barat, dr. Harisson, M.Kes menyampaikan dengan momentun memperingati dan memeriahkan pelaksanaan Peringatan Hari Jadi Ke-22 Pembentukan Kota Singkawang atas nama Pemprov Kalbar menyampaikan penghargaan dan mengucapkan terima kasih serta ucapan selamat HUT kepada Pemkot dan warga Singkawang yang telah berpartisipasi dalam membangun dan memajukan Kota Singkawang dengan kerja keras, kerja tuntas untuk Singkawang Kota Toleran yang Inklusif dan dinamis, ungkapnya. Harisson juga mengapresiasi atas terselenggaranya Festival HAM tahun 2023 di Kota Singkawang, diharapkan acara ini dapat menghasilkan manfaat besar terutama dalam memberikan apresiasi terhadap pencapaian dalam penghormatan dan pemenuhan HAM, baik dalam aspek hak sipil, politik, ekonomi, sosial dan budaya sebagai amanah konstitusi, terutama dalam perlindungan, penegakan, pemajuan dan penghormatan terhadap HAM, tutupnya.

Terakhir Opening Festival HAM Tahun 2023 dan Hari Jadi ke-22 Pembentukan Kota Singkawang yang dibuka langsung oleh Pj. Gubernur Kalbar, dr. H. Harisson, M.Kes secara simbolis dengan pemukulan Gong di panggung utama halaman Kantor Wali Kota Singkawang dan di akhiri dengan tarian kolosal multi etnis dari para perwakilan ASN se-kota Singkawang yang diikuti oleh para tamu undangan. (MD/skw).