Evaluasi Peringatan Hari Santri Nasional Tahun 2023

9
Nov 2023
Kategori : Berita
Penulis : humas
Dilihat :260x

Singkawang. Kepala Kantor Kementerian Agama Kota Singkawang, Drs. H. Muhlis, M.Pd didampingi Kepala Seksi Pendidikan Islam, Hj. Rohmawati, S.Pd.I memimpin Rapat Evaluasi Pelakasanaan Peringatan Hari Santri Nasional (HSN) Tingkat Kota Singkawang Tahun 2023 di Restoran Hotel Dangau Singkawang, pada Selasa siang (07/11/2023).

Turut hadir dalam kegiatan tersebut para Pimpinan Pondok Pesantren se-Kota Singkawang, pengurus Forum Komunikasi Pondok Pesantren (FKPP) Kota Singkawang yang merupakan perwakilan dari 9 Pontren yang ada di Kota Singkawang, dan Panitia Peringatan HSN Tingkat Kota Singkawang yang diwakili oleh Ketua dan Wakil Ketua  Panitia. Turut hadir pula sembilan orang santri penerima reward hafalan terbanyak dari setiap pontren dan Kepala Cabang Bank Kalbar Syariah beserta staf, yang dalam hal ini sebagai donatur dalam pemberian reward kepada para santri penghafal Al-qur’an.

Dalam kesempatan tersebut Kepala Kantor Kemenag Kota Singkawang, Drs. H. Muhlis, M.Pd memberikan apresiasi yang setinggi-tingginya kepada Panitia Pelaksana Peringatan Hari Santri Nasional dari Pondok Pesantren Ibnu Taimiyah selaku tuan rumah atas suksesnya penyelenggaraan Upacara Peringatan Hari Santri Nasional Tingkat Kota Singkawang. “Selamat dan terima kasih kami kepada Pimpinan Pondok Pesantren Ibnu Taimiyah, Bapak H. Hambali, Lc dan seluruh panitia yang dipimpin oleh Pak Dede Hidayat dan Pak Fakhrul Islam. Kemasan pagelaran tersebut sangat baik, rapi, dan mengesankan.”

Ia juga salut dan berterima kasih kepada semua pimpinan pondok atas kerjasama dan kontribusi yang sangat luar biasa menyukseskan event Hari Santri tingkat Kota ini. “Pontren ini adalah aset kita bersama. Peringatan Hari Santri Nasional merupakan gawai kita bersama. Semua beban yang ada kita pikul sama-sama sehingga tidak terasa berat,” ucapnya.

Muhlis juga mengucapkan terima kasih atas kerjasama dari Bank Kalbar Syariah yang turut hadir untuk memberikan reward kepada para Santri penghafal Al-qur’an sebagai bentuk dukungannya terhadap pendidikan di Pondok Pesantren, tutupnya.

Sementara itu, Kepala Cabang Bank Kalbar Syariah Singkawang, Mohd. Rudi menyampaikan bahwa dukungan Bank Kalbar Syariah dalam penyelenggaraan peringatan Hari Santri tahun ini dan pemberian reward kepada santri penghafal Al-qur’an merupakan awal dari kerjasama dan silaturahmi antara Bank Kalbar Syariah dengan pondok pesantren Kota Singkawang. “Pemberian reward berupa uang dalam bentuk tabungan ini merupakan salah satu upaya kami melakukan edukasi untuk mendorong budaya menabung sejak dini, khususnya bagi para santri melalui program Simpanan Pelajar,” ungkapnya. “Program ini yang merupakan bagian dari program pemerintah yaitu inklusi keuangan, yaitu ketersediaan akses akan berbagai lembaga, produk, dan layanan jasa keuangan formal sesuai dengan kebutuhan dan kemampuan masyarakat demi meningkatkan kesejahteraan masyarakat,” imbuhnya.

Dalam kegiatan tersebut, Kepala Kantor Kementrian Agama Kota Singkawang sekaligus membubarkan Panitia  Panitia Peringatan Hari Santri Nasional Tingkat Kota Singkawang Tahun 2023. Sesuai dengan hasil Rapat FKPP, Upacara Peringatan Hari Santri Tahun 2024 akan kita laksanakan di Pondok Pesantren Nurusshibyan. “Mari kita lanjutkan kerjasama yang baik ini untuk kesuksesan penyelenggaraan Peringatan Hari Santri Nasional tahun depan dan untuk kemajuan seluruh pondok pesantren di Kota Singkawang,” pungkasnya. (LA/skw).