Upacara Peringatan HGN 2023

27
Nov 2023
Kategori : Berita
Penulis : humas
Dilihat :51x

Singkawang. Kantor Kementerian Agama Kota Singkawang menggelar Upacara Peringatan Hari Guru Nasional (HGN) Tahun 2023 di halaman utama Madrasah Aliyah Negeri (MAN) Kota Singkawang, yang di ikuti oleh seluruh Guru Madrasah dan Guru di lingkungan Kemenag Kota Singkawang, dan selaku Pembina Upacara adalah Kepala Kantor Kementerian Agama Kota Singkawang, Drs. H. Muhlis, M.Pd, Sabtu (25/11/2023).

Turut hadir dalam Upacara tersebut Kepala Sub Bagian Tata Usaha, Aliyansah, S.Pd.I, M.Pd, Kepala Seksi Pendidikan Islam, Hj. Rohmawati, S.Pd.I, Kepala Seksi Urusan Agama Buddha Warsito, S.Ag, Penyelenggara Pendidikan Agama Buddha, Tjhia Kong Min, S.Ag,  Penyelenggara Agama Katolik Elisabet Eli Yohanis, S.Pd, Para Pengawas Madrasah dan PAI, Seluruh Kepala RA, MI, MTs dan MA Negeri maupun Swasta, dan seluruh Pelaksana Seksi Penddikan Islam selaku penanggung jawab kegiatan. Upacara Peringatan Hari Guru Nasional diselenggarakan berdasarkan Surat Edaran Sekretaris Jenderal Kementerian Agama Nomor SE.28 Tahun 2023 tentang Pelaksanaan Upacara Bendera Peringatan Hari Guru 2023, dengan tema “Guru Pembelajar, Bahagia Mengajar.”

Dalam sambutan Kakan Kemenag Kota Singkawang, Muhlis membacakan sambutan Menteri Agama RI Gus Yaqut Cholil Qoumas, menyatakan, “Hanya orang-orang terbaiklah yang terpilih menjadi guru. Guru adalah profesi yang sangat agung dan bermartabat. Apresiasi tertinggi patut disematkan kepada guru-guru Indonesia,” ujarnya.

Tema Hari Guru Nasional tahun 2023, “Guru Pembelajar, Bahagia Mengajar,” mencerminkan potret guru yang transformatif. Saat tantangan zaman kian kompleks, guru ikut memikul tanggung jawab besar dalam membentuk generasi yang tangguh, sesuai dengan nilai-nilai agama dan budaya. Perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi, terutama kehadiran kecerdasan buatan seperti Chat GPT Artificial Intelligence (AI). Kementerian Agama telah dan akan terus mengambil langkah signifikan demi memfasilitasi peningkatan kompetensi guru melalui program digital literasi, digitalisasi madrasah, dan bantuan pembelajaran digital. Kementerian Agama juga berkomitmen untuk terus memberikan perhatian dan afirmasi bagi peningkatan kesejahteraan guru, tandas GusMen dalam sambutan yang dibacakan Kakan Kemenag.

“Guru memegang peran penting dalam meningkatkan kualitas pembelajaran, asesmen komprehensif, penjaminan mutu, dan tata kelola pendidikan. Sebab, pendidikan juga memiliki kapasitas untuk mentransformasi anak didik menjadi manusia yang tidak hanya memiliki pengetahuan yang luas, tetapi juga kepribadian yang kuat, kreativitas yang berkembang, dan moralitas yang terpuji,” ungkapnya.

Diakhir sesi upacara Kakan Kemenag Kota Singkawang selaku Pembina Upacara langsung turun dari mimbar dan dengan semangat menyalami para petugas upacara sebagai ungkapan selamat dan terima kasih karena telah menjalankan tugasnya dengan baik dan lancer, kemudian sesi berfoto bersama para petugas dan peserta upacara Hari Guru tersebut. (MD/skw).