Pendampingan Analisis EDM dan Laporan e-RKAM

6
Des 2023
Kategori : Berita
Penulis : humas
Dilihat :307x

Singkawang. Dalam upaya meningkatkan kualitas perencanaan dan anggaran untuk menganalisis laporan keuangan bagi admin Evaluasi Diri Madrasah (EDM) dan Rencana Kerja Anggaran Madrasah berbasis elektronik (e-RKAM) Madrasah Kota Singkawang, Kantor Kementerian Agama Kota Singkawang menyelenggarakan kegiatan Pendampingan Analisis EDM dan Laporan e-RKAM Bagi Tim Inti Madrasah (TIM) oleh Tim Inti Kota Singkawang (TIK), yang berlangsung di Aula KanKemenag Kota Singkawang, Rabu (06/12/2023).

Hadir dalam kegiatan tersebut, Kepala Kantor Kementerian Agama Kota Singkawang, Drs. H. Muhlis, M.Pd yang sekaligus membuka acara, para Pengawas Madrasah selaku Tim Inti Kota Singkawang (TIK) dan diikuti oleh para peserta pendampingan berjumlah sebanyak 58 orang  yang terdiri dari Tim Inti Madrasah (TIM) Negeri maupun Swasta (Kepala Madrasah dan Bendahara atau Operator) dari setiap Madrasah di lingkungan Kementerian Agama Kota Singkawang.

Dalam sambutannya Kakan Kemenag Kota Singkawang, Muhlis menyampaikan bahwa tujuan diadakannya kegiatan Pendampingan Analisis EDM e-RKAM ini adalah dalam rangka peningkatan kualitas perencanaan dan anggaran untuk menganalisis laporan keuangan bagi admin Madrasah, agar nanti tidak ada lagi masalah atau keterlambatan dalam penyampaian laporan dari setiap Madrasah, sehingga admin Kota tidak dianggap mengabaikan pendampingan bagi admin Madrasah oleh Provinsi, jelasnya. Kemudian terkait anggaran dana, karena anggaran dana yang dikelola ini adalah keuangan Negara, maka laksanakan sesuai dengan juknis yang berlaku, sehingga perencanaan dan pelaporan dana BOS berjalan dengan baik. Terakhir beliau menyampaikan di bulan Desember ini adalah akhir semester, berkaitan dengan penentuan jadwal pembagian raport, sebaiknya tetap berpatokan dengan kalender pendidikan dari Kementerian Agama, dan untuk teknisnya disesuaikan dengan situasi dan kondisi keadaan Madrasahnya masing-masing, tutupnya.

Selanjutnya penyampaian materi Pendampingan Analisis EDM dan Laporan e-RKAM oleh Tim Inti Kota Singkawang, Andy, S.Pd hasil dari Bimtek Pendampingan Penggunaan Laporan e-RKAM di Bali beberapa waktu lalu. Dalam penyampaian materi tersebut, Andy menjelaskan berkaitan dengan Pendampingan dalam menganalisa laporan keuangan, berkaitan dengan pengambil kebijakan maka diharapkan untuk berkoordinasi dengan Tim Penjamin Mutu (TPM) Madrasah melakukan tindak lanjut pengisian EDM dan e-RKAM secara mandiri dengan menyesuaikan kondisi Madrasah masing-masing, kemudian terkait informasi bahwa Aplikasi eRKAM dapat mengontrol Dana BOS yg ada di Madrasah, ungkapnya. Secara keseluruhan materi kegiatan Pendampingan Penggunaan Laporan e-RKAM dalam Menganalisis Laporan Keuangan Madrasah Bagi Admin EDM e-RKAM Madrasah oleh Admin EDM e-RKAM Kota meliputi Membaca dokumen EDM dan Kaitannnya dengan e-RKAM, Membaca Hasil e-RKAM melalui Menu Dashboard dan Laporan, Menerangkan Hasil Analisa EDM ke Admin EDM e-RKAM Madrasah, dan terakhir Rencana Tindak Lanjut.

Untuk diketahui bersama bahwa Evaluasi Diri Madrasah (EDM) adalah sistem pengukuran pencapaian Standar Nasional Pendidikan (SNP) yang dilakukan secara mandiri oleh Madrasah. Sedangkan Rencana Kerja Anggaran Madrasah berbasis elektronik (e-RKAM) sendiri merupakan suatu sistem perencanaan dan penganggaran Madrasah secara online yang memungkinkan terlaksananya penganggaran Madrasah sesuai dengan kebutuhan. Jadi, EDM dan e-RKAM merupakan program untuk mewujudkan pendidikan Madrasah yang bermutu dan merupakan dua unsur yang mendorong kemajuan Madrasah dengan harapan dapat memberikan kontribusi bagi dunia pendidikan khususnya di Kota Singkawang. (MD/skw).