Evaluasi Akhir Tahun Penyuluh Agama Katolik Non PNS Tahun 2023

16
Des 2023
Kategori : Berita
Penulis : humas
Dilihat :199x

Singkawang. Penyelenggara Agama Katolik Kantor Kementerian Agama Kota Singkawang, Elisabet Eli Yohanis, S.Pd, melaksanakan Rapat Evaluasi Akhir Tahun Penyuluh Agama Katolik Non PNS Tahun 2023, yang diselenggarakan di Op Room Kantor Kemenag Kota Singkawang, Jum’at (15/12/2023).

Rapat evaluasi ini dipimpin langsung oleh Penyelenggara Katholik, Elisabet Eli Yohanis, S.Pd yang didampingi oleh staf pelaksana penyelengara Katholik, Gamaliel Adrianus, S.Pd dan Penyuluh Agama ASN P3K, Kornelia Vina, S.Ag, serta diikuti oleh seluruh Penyuluh Agama Katholik Non PNS yang berjumlah kurang lebih 17 orang. Dalam pertemuan ini membahas seputar evaluasi kinerja penyuluh di wilayah kerja masing-masing serta evaluasi pengisian laporan bulan di aplikasi SIP2Kat (Aplikasi Sistem Pelaporan Penyuluh Agama Katolik). Masing-masing Penyuluh mempresentasikan kinerja di wilayah tugasnya dan menyampaikan kendala yang dihadapi dengan metode sharing dan diskusi, dengan begitu penyuluh mendapatkan pencerahan untuk melaksanakan tugas agar lebih baik serta bisa bekerja sesuai tugas dan fungsi sebagai Penyuluh Agama Katolik.

Dalam arahan Penyelenggara Katholik, Elisabet Eli Yohanis mengajak Penyuluh Agama Katolik untuk melayani masyarakat dengan baik, karena tugas penyuluh adalah penyambung lidah dan corong Kementerian Agama pada masyarakat, khususnya umat Katholik di Kota Singkawang, ujarnya. Elisabet juga menambahkan, terus menggaungkan moderasi beragama di tengah umat. Mengingat, moderasi beragama merupakan salah satu upaya yang dilakukan pemerintah dalam menjaga stabilitas keamanan umat beragama di tengah gesekan yang ada, harapnya.

Selain itu pokok utama yang disampaikan Elisabet dalam rapat evaluasi ini adalah, penyuluh wajib untuk melaporkan rencana dan realisasi kegiatan penyuluhan melalui aplikasi SIP2Kat, paling lambat setiap tanggal 3 dan maksimal tanggal 5 setiap bulan, ujarnya. Setiap laporan harus selalu dilampirkan tanda tangan Pastor atau pemuka Agama serta foto pada saat penyuluhan di lampirkan foto yang sesuai, ujarnya. Selanjutnya   dalam pertemuan tersebut juga disampaikan empat Penyuluh Katholik Teladan Tahun 2023, berdasarkan hasil penilaian dari Penyelenggara Katholik diantaranya 4 dari Penyuluh Singkawang dan 4 dari Penyuluh Nyarumkop. Dengan adanya pemilihan penyuluh teladan ini tentu akan meningkatkan kompetensi penyuluh dalam melaksanakan tugasnya masing-masing, pungkasnya. (MD/skw).