Apel dan Ramah Tamah HAB ke-78 Kankemenag Kota Singkawang

3
Jan 2024
Kategori : Berita
Penulis : humas
Dilihat :49x

Singkawang. Apel Hari Amal Bhakti (HAB) ke-78 Kementerian Agama RI Tahun 2024 di selenggarakan di halaman Kantor Kementerian Agama Kota Singkawang, Rabu, (03/01/2024).

Pada pelaksanaan Apel HAB ke-78 Kemenag RI tahun ini agak sedikit berbeda dari tahun-tahun sebelumnya, karena para peserta Apel sesuai instruksi Menteri Agama melalui Surat edaran tentang seragam yang di gunakan adalah menggunakan kaos berwarna yang berbeda-beda sesuai dengan satuan kerjanya masing-masing. Hal ini bertujuan memperlihatkan Solidaritas antar sesama pegawai dan karyawan, walau berbeda-beda tetapi tetap satu dan solid, sesuai dengan tema yang diusung dalam HAB ke-78 Kemenag RI adalah Indonesia Kuat Bersama Umat. Kegiatan Apel di ikuti oleh jajaran pejabat diantaranya Kasubbag TU, para Kasi dan Penyelenggara, serta seluruh Pegawai ASN dan Non ASN yang berada di lingkungan Kantor Kementerian Agama Kota Singkawang dan Pengurus DWP Kantor Kemenag Singkawang kurang lebih sejumlah 200 peserta, dan yang bertindak sebagai Inspektur Apel adalah Kepala Kantor Kementerian Agama Kota Singkawang, Drs. H. Muhlis, M.Pd.

Dalam amanat Apel HAB ke-78, Kakan Kemenag membacakan pidato sambutan Menteri Agama, Yaqut Cholil Qoumas, dalam pidatonya, menjelang pemilihan umum 2024, Menteri Agama mengajak ASN untuk mengawal pemilihan umum dari potensi penggunaan politik identitas, terutama identitas keagamaan. Selain itu, ASN Kemenag juga diharuskan untuk mewujudkan spirit ganda dalam bentuk amal bakti yang mendalam dan paripurna. Menurutnya, Hari Amal Bakti bukan hanya sebuah nama, melainkan terkandung harapan dan tekad untuk mencurahkan pengabdian kepada seluruh umat beragama.

Ia menambahkan, melalui berbagai program reguler dan Tujuh Program Prioritas Kementerian Agama, kita terus bekerja keras melaksanakan tugas-tugas yang dimandatkan kepada kita semua. Penguatan Moderasi Beragama, Transformasi Digital, Revitalisasi KUA, Kemandirian Pesantren, Cyber Islamic University, Religiousity Index, Tahun Kerukunan Umat Beragama adalah ikhtiar dalam memberikan layanan yang sebaik-baiknya kepada seluruh umat. “Tentu, keberhasilan-keberhasilan itu bukan tanpa kekurangan. Kita harus selalu mengevaluasi diri karena tugas kita belum usai,” pungkasnya.

Tidak hanya seremonial Apel, rangkain kegiatan dilanjutkan dengan acara Ramah Tamah HAB ke-78 di Gedung H.B. Rasnie Terpadu Center Ma’hadi (TCM) dengan mengundang Pj. Walikota dan Forkopimda serta para tokoh agama, pensiunan ASN Kemenag dan seluruh Pegawai ASN dan Non ASN dilingkungan Kantor Kemenag Kota Singkawang. Sebelum Acara Pembukaan Ramah Tamah, para tamu undangan disuguhkan dengan hiburan persembahan Tarian Multi Etnis oleh Siswa dan Siswi MIS Unggulan Ushuluddin Singkawang dan dilanjutkan dengan Menyanyikan Lagu Indonesia Raya dan Mars Kemenag yang dibawakan oleh tim paduan suara Guru-guru MTsN Singkawang.

Acara Ramah Tamah ini dirangkaikan dengan pemberian tanda kehormatan dan penghargaan kepada 31 Pegawai ASN yang sudah setia mengabdi kepada Negara dengan Penyerahan Satya Lencana dari Presiden Republik Indonesia oleh Pj. Walikota dan Forkopimda yang didampingi oleh Kakan Kemenag. Kemudian dilanjutkan dengan Penyerahan hadiah Umroh kepada Pemenang MTQ dari Pemerintah Kota Singkawang oleh Pj. Walikota didampingi Kakan Kemenag dan Ketua Umum LPTQ Kota Singkawang, dan terakhir Penyerahan Papanisasi Tanah Wakaf oleh Pj. Walikota Singkawang didampingi Kakan Kemenag dan Ketua BWI Kota Singkawang. Dan ditempat yang sama Pengurus DWP Kantor Kemenag Kota Singkawang bekerjasama dengan PMI Kota Singkawang melaksanakan Kegiatan Donor Darah sebagai salah satu rangkaian kegiatan HAB ke-78 Kemenag RI. Rangkaian acara ditutup dengan foto bersama dan diakhiri dengan jamuan makan bersama dengan para tamu undangan dan selluruh peserta kegiatan. (MD/skw).