Seksi Urusan Agama Buddha Kantor Kemenag Kota Singkawang Gelar Pembinaan Keluarga Hitta Sukhaya

19
Feb 2024
Kategori : Berita
Penulis : humas
Dilihat :188x

Singkawang. Seksi Urusan Agama Buddha Kantor Kementerian Agama Kota Singkawang menyelenggarakan Kegiatan Pembinaan Keluarga Hitta Sukhaya yang dibuka secara resmi oleh Kepala Kantor Kemenag Kota Singkawang, Drs. H. Muhlis, M.Pd di Ballroom Swiss Belinn Grand Mall Kota Singkawang, Sabtu (17/02/2024).

Kegiatan ini dihadiri oleh Kepala Sub Bagian Tata Usaha, Kapala Seksi Bimbingan Masyarakat Islam, Kepala Seksi Pendidikan Islam, Penyelenggara Pendidikan Agama Buddha, di lingkungan Kantor Kementerian Agama Kota Singkawang serta Narasumber kegiatan yang diikuti oleh 72 orang peserta pembinaan Keluarga Hitta Sukhaya dari 10 Majelis yang ada di Kota Singkawang dengan jumlah laki – laki 36 orang dan  perempuan 36 orang.

Dalam sambutan Kasi Urusan Agama Buddha sekaligus Ketua Panitia, Warsito, S.Ag melaporkan bahwa kegiatan pembinaan Keluarga Hitta Sukhaya ini mengusung Tema “ Memupuk Keluarga Bahagia Dalam Mewujudkan Keluarga Bahagia”, tentang pentingnya keluarga Bahagia Sesuai dengan Ajaran Buddha Dharma dalam kehidupan Berkeluarga yang sempurna, ungkapnya. Adapun tujuan dari kegiatan pembinaan ini  adalah  untuk membantu Keluarga Buddhis dalam usahanya meningkatkan kehidupan rohani yang lebih baik sesuai dengan Ajaran Buddha Dharma, jelasnya. Dasar diselenggarakannya kegiatan pembinaan ini adalah berdasarkan Keputusan Dirjen Bimas Buddha Kementerian Agama Republik Indonesia Nomor 157 Tahun 2021 tentang Petunjuk teknis Pembinaan Keluarga Hitta Sukhaya Tahun 2022, tutupnya.

Mengawali sambutan pembukaan, Kepala Kantor Kemenag Singkawang, Muhlis menyampaikan apresiasi dan terimakasih kepada Seksi Urusan Agama Buddha Kantor Kementerian Agama Kota Singkawang yang telah menggelar kegiatan Pembinaan Hitta Sukhaya ini. Keluarga bahagia dan sejahtera harus kita impelementasikan dengan menumbuhkan sikap tanggung jawab, keterbukaan cinta kasih dalam kehidupan berumah tangga, sehingga bisa menjadi teladan bagi anak-anak kita,” tuturnya.

Usai pembukaan acara, dilanjutkan dengan penyampaian materi oleh 4 narasumber diantaranya : 1. Suhardi,SH Selaku Kabid Catatan Sipil Kota Singkawang dengan materi tentang Tata Cara dan Proses Pencatatan Perkawinan Agama Buddha di Dinas Dukcapil, 2. Muhamad Ghufron, S.Tr. Im selaku  Kepala Sub Seksi Ijin Tinggal Keimigrasian Kantor Imigrasi Kota Singkawang dengan materi tentang Perkawinan Antar Negara,  3.        Baharudin, S.H selaku Ketua FKUB Kota Singkawang dengan materi tentang Toleransi dalam Memperkuat Keluarga Hitta Sukhaya, 4. Romo Pandita Slamet Sadamito, S.Ag,  selaku Ketua Permabudhi dari Majelis MAGABUDHI dengan materi tentang Memperkokoh Keyakinan dalam Memperkuat Keluarga Hitta Sukhaya. (MD/skw).