Pembinaan Literasi Alqur’an FKPAI Kecamatan Singkawang Barat

22
Feb 2024
Kategori : Berita
Penulis : humas
Dilihat :316x

Singkawang. Rabu tanggal 21 Pebruari 2024, FKPAI Kecamatan Singkawang Barat mengadakan sebuah program pembinaan literasi Alquran untuk ibu-ibu Majelis Taklim yang tergabung dalam Persatuan Majelis Taklim (PERMATA) Singkawang Barat. Pertemuan perdana ini sukses dilaksanakan di Balai Nikah KUA Singkawang Barat di bawah binaan H. Jahri, S. Ag. Program ini bertujuan meningkatkan pemahaman dan keterampilan membaca Alquran.

H. Jahri selaku penyuluh agama islam yang tergabung dalam FKPAI kecamatan Singkawang Barat mengambil inisiatif untuk memberikan kontribusi positif bagi ibu-ibu PERMATA Singkawang Barat dengan memberikan pembinaan literasi Alqur’an. H. Jahri berharap program ini dapat memberikan dasar yang kuat dalam pembelajaran Alquran, perbaikan dalam pembacaan Alqur’an serta mempererat jalinan ukhuwah antara majelis taklim se-Singkawang Barat karena insyaallah program ini ke depannya akan menjadi agenda mingguan.

Dalam kegiatan pembinaan literasi Alquran ini, peserta diajak untuk belajar membaca, memahami, dan meresapi makna ayat-ayat Alquran. Di bawah bimbingan H.Jahri, S.Ag para peserta mengikuti bacaan tilawah secara bersama-sama dan diperbaiki bacaan Alqur’annya.

Kepala KUA kecamatan Singkawang barat Agus Salim, S.E.I menyambut baik program ini sebagai upaya pembinaan literasi Alquran. Beliau berharap kegiatan ini akan terus berkelanjutan di bulan Ramadhan semisal dengan One Day One Juz atau program lainnya sehingga KUA bisa menjadi tempat pelayanan atau pusat kegiatan masyarakat lainnya.

Ketua PERMATA Singkawang Barat ibu Yuli Rahmawati juga mengapresiasi program ini dengan harapan adanya perubahan positif dalam minat dan kemampuan peserta dalam membaca Alquran. Program pembinaan literasi ini menjadi contoh positif kolaborasi antara masyarakat dan individu yang peduli terhadap pendidikan Alqur’an. Semoga kegiatan ini dapat menginspirasi teman-teman penyuluh di berbagai wilayah lainnya untuk terus bergerak dan bermanfaat bagi umat. (Her/skw)