Pelaksanaan Asesmen Bakat dan Minat (ABM) MTs Negeri Singkawang Berjalan Lancar Tanpa Kendala

1
Mar 2024
Kategori : Berita
Penulis : humas
Dilihat :298x

Singkawang. Madrasah Tsanawiyah Negeri (MTsN) Singkawang sukses menggelar Asesmen Bakat dan Minat (ABM) Tahun Pelajaran 2023/2024 yang terselenggara sejak tanggal 20 sampai dengan 29 Februari 2024, Kamis (29/02/2024).

Pelaksanaan ABM di MTs Negeri Kota Singkawang diikuti oleh seluruh siswa kelas IX (Sembilan) berjumlah sebanyak 154 orang peserta dan berjalan dengan lancar tanpa kendala.

Menurut Kepala MTsN Kota Singkawang, Ajat Sudrajat, S.Pd bahwa tujuan dilaksanakannya ABM ini adalah  untuk mengukur potensi atau memprediksi kemampuan siswa pada bidang-bidang khusus seperti : verbal, kuantitatif, penalaran, spasial, mekanika, penggunaan bahasa, dan klerikal, serta untuk mengetahui minat siswa dan membantu dalam menentukan pendidikan ke jenjang berikutnya, ujar Ajat.

Lebih lanjut Ajat berharap selaku Kepala Madrasah agar ABM ini dapat berlanjut setiap tahun, mengingat hasil dari ABM ini akan sangat bermanfaat dan tentu saja membantu siswa untuk mengetahui tentang apa yang menjadi potensi dirinya, apa bakat dan minat yang mereka miliki, sehingga mereka dapat menentukan kemana akan melanjutkan pendidikannya yang sesuai dengan potensi serta bakat dan minatnya, pungkasnya.

Sebagai informasi, pelaksanaan Asesmen Bakat Minat (ABM) ini bukan asesmen mata pelajaran, tetapi tes psikologi dan bakat minat siswa yang diselenggarakan oleh Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi (Kemendikbudristek) dan diperuntukkan  bagi siswa kelas IX SMP/MTs baik negeri maupun swasta. (MD/skw).