Kabid Urais Kanwil Kemenag Kalbar Monitoring KUA Singkawang Tengah Salah Satu Penetapan KUA Revitalisasi Tahun 2024

7
Mar 2024
Kategori : Berita
Penulis : humas
Dilihat :98x

Singkawang. Kepala Bidang Urusan Agama Islam Kanwil Kemenag Kalbar, H. Ekhsan, S.Ag., M.Si, melakukan kegiatan monitoring pada KUA Singkawang Tengah yang disambut oleh Kepala Seksi Bimbingan Masyarakat Islam, Bulyamin Hadimin, S.HI bersama Kepala KUA Singkawang Tengah beserta Penghulu dan Penyuluh di KUA Singkawang Tengah, Rabu (06/03/2024).

Kegiatan monitoring dilakukan dalam rangka membahas persoalan Revitalisasi KUA Singkawang Tengah yang berdasarkan Surat Keputusan Direktur Jenderal Nomor 1606 Tahun 2023 tentang Penetapan KUA Revitalisasi Tahun 2024 KUA Singkawang merupakan salah satu KUA Usulan Pengajuan Kanwil Kalbar yang mendapatkan anggaran KUA Revitalisasi Tahun 2024.

Pada kesempatan ini, Ekhsan selaku Kabid Urais dalam arahannya menyampaikan bahwa KUA yang mendapatkan Revitalisasi adalah KUA standar gedungnya SBSN (Surat Berharga Syariah Negara), SDM yang mumpuni serta peristiwa nikah yang juga menjadi persyaratan dalam kategori masuk dalam usulan berdasarkan SK Dirjen Bimas, ujar Ekhsan.

Lebih lanjut Ekhsan menyatakan bahwa anggaran akan digelontorkan kepada Kemenag Kabupaten/Kota melalui DIPA Bimas Islam pada tahun 2024. Tentunya revitalisasi tersebut adalah untuk memberikan kepuasan pada masyarakat, dengan adanya sarasehan yang menjadi standar pelayanan di KUA sebagai KUA yang direvitalisasi, “KUA itu memang garda terdepan pelayanan pada Kementerian Agama, jadi baik buruknya Kementerian Agama ada pada kita,”  jelasnya.

Selanjutnya Bulyamin Hadimin selaku Kasi Bimas Islam sangat menyambut baik ketetapan ini dan pastinya akan disampaikan dan di koordinasikan hal ini kepada Kepala Kantor Kemenag kota Singkawang. Terkait Revitalisasi KUA Singkawang, Ia menambahkan bahwa KUA Tengah ini lebih baik lagi dalam melaksanakan tugas pelayanan, bekerjalah sesuai dengan regulasi, bertanggung jawab apa yang sudah menjadi tanggung jawab terkait dengan tugas dan fungsi KUA, mari kita laksanakan dengan sebaik-baiknya, dan kedepan bahwa KUA benar-benar akan menjadi miniatur dari Kementerian Agama itu sendiri, pungkasnya. (MD/skw).