5 Hal Yang Menunjukkan Kualitas Manusia Dalam Kehidupan Sosial

14
Mar 2024
Kategori : Berita
Penulis : humas
Dilihat :58x

Singkawang – Dalam rangka mengisi kegiatan di Bulan Suci Ramadhan Kantor Kementerian Agama Kota Singkawang melaksanakan program Kultum dan tadarus Qur’an seusai sholat zuhur berjama’ah di Musholla Kantor Kemenag Kota Singkawang selama hari kerja, Kamis (14/03/2024).

Pada kesempatan itu, Kepala Sub Bagian Tata Usaha, Aliyansah, S.Pd.I, M.Pd mendapat giliran menyampaikan Kultum, Iya menyampaikan tentang 5 hal yang menunjukkan kualitas manusia dalam kehidupan social. Dikutip dari buku Membangun kekuatan raksasa di dalam diri, bahwa kualitas setiap orang dalam kehidupan bermasyarakat ditentukan oleh 5 hal. 5 hal tersebut di antaranya pengendalian emosi, semakin pandai kita mengendalikan emosi (takut, sedih, marah, senang, bahagia, jijik dan itu sudah dibakukan secara universal) maka semakin bagus lah kualitas hidup. Jika kita kehilangan emosi maka untuk berbuat baik pun kita sudah tak mau lagi, karena kita sudah kehabisan cita-cita, sebaliknya emosi yang berlebihan juga tak baik bagi kita karena membuat kita tak dapat berfikir secara logis dan masuk akal, jelasnya.

Selanjutnya yang kedua fisik yang kuat dan sehat sangat dibutuhkan untuk hidup ini, tidak akan berarti segala sesuatu jika kita tidak memiliki fisik yang sehat dan kuat. Yang ketiga adalah hubungan, baik hubungan kepada Allah dan hubungan kepada sesama manusia, semakin baik kita membina hubungan terutama hubungan kepada sesama manusia menjaga perkataan, perbuatan dan tindakan maka semakin berkualitas lah hidup kita. Kemudian yang ke empat adalah waktu, andaikan kita memanfaatkan waktu dan kita menjadikan Ramadhan kita Ramadhan yang terbaik, maka 12 jam saat puasa itu tidak akan terasa haus dan lapar malah akan menjadi kenikmatan kalau kita tau memanfaatkan keterbatasan waktu ini, rugilah tiap kita tidak memanfaatkan waktu dengan sebaik-baiknya. Kemudian yang ke lima adalah keuangan, kuncinya di syukuri karena jika tidak pandai mensyukuri nikmat maka sebanyak apapun harta yang kita miliki maka tidak akan memberikan dampak positif dalam kualitas hidup setiap manusia bagi, imbuhnya.

Lebih lanjut Aliyansah menegaskan bahwa yang terpenting dalam kesempatan ini kita termasuk orang-orang yang diberikan kenikmatan oleh Allah, manusia-manusia pilihan, dari sisi identitas saja kalau kita sempat merenungkan diri betapa lebihnya kita dari orang lain, pungkasnya.

Bulan Ramadhan adalah bulan yang penuh berkah dan ampunan bagi umat Islam, serta memiliki banyak keistimewaan, diantaranya ialah dilipat gandakan pahala dari setiap amal ibadah yang kita kerjakan, seperti halnya kegiatan yang dilaksanakan di lingkungan Kantor Kementerian Agama Kota Singkawang ini, tidak lain hanya berharap ridho dari Allah SWT. (MD/skw).