Kakan Kemenag Singkawang, Kakanwil Kemenag Kalbar Beserta Pj. Walikota Turun Ke Jalan Kampanye Wajib Halal Oktober 2024

16
Mar 2024
Kategori : Berita
Penulis : humas
Dilihat :30x

Singkawang (Kemenag) – Berpusat di pasar juadah area Masjid Raya Kota Singkawang, Kepala Kantor Kementerian Agama Kota Singkawang, Drs. H. Muhlis, M.Pd mendampingi Kepala Kanwil Kementerian Agama Prov. Kalimantan Barat, Dr. H. Muhajirin Yanis, M.Pd.I dan Pj. Walikota Singkawang, Drs. H. Sumastro, M.Si  turun langsung pada Kampanye Wajib Halal Oktober (WHO) 2024, pada Jum’at sore (15/03/2024).

Turut hadir membersamai dalam Kampanye Halal tersebut Ketua Tim Terpadu Mandatory Sertifikasi Halal Reguler BPJPH Yuan Ekananda Muhammad beserta tim, Ketua Satgas LJPH Kanwil Kemenag Prov. Kalbar, Kaharudin, S.Ag di dampingi oleh Sekretaris Satgas Halal, Dian Pramudya, SE beserta tim, Kasi Bimas Islam, Bulyamin Hadimin, S.HI,  Kabid Disperindag Kota Singkawang, Darwis, SH, serta para Penyuluh Agama Islam yang tergabung dalam Tim Pendampingan Proses Produk Halal (P3H) Kota Singkawang.

Kegiatan Kampanye di awali dengan pembukaan secara resmi oleh Kakanwil Kemenag Prov. Kalbar, Muhajirin Yanis dalam sambutannya menyampaikan terima kasih kepada pemerintah kota Singkawang yang sudah menyambut baik dan memberikan dukungan bahkan Pj. Walikota beserta jajaran turun langsung bersama di area pasar juadah Masjid Raya Singkawang. Dan tidak kalah berjasanya Kakan Kemenag Kota Singkawang beserta jajaran dan Tim P3H yang sudah berupaya mendukung serta menyiapkan dengan sangat baik dan matang agenda besar ini, ungkapnya. Muhajirin juga menjelaskan bahwa Kampanye Wajib Halal on the spot ini bertujuan untuk memastikan kenyamanan dan keamanan produk kuliner yang beredar ditengah-tengah masyarakat yang halal lagi baik, apalagi Kota Singkawang berturut-turut menjadi kota tertoleran di Indonesia, dikenal sebagai kota wisata, pengunjung dari dalam maupun luar negeri sangat ramai, ini menjadi modal penting bahwa keharmonisan sangat baik disini.  Singkawang. Jadi bentuk dukungan ini tentu memberikan harapan akan kesuksesan sertifikasi halal disini, tuturnya.

Sejalan dengan Kakanwil, Pj. Walikota Singkawang, Sumastro saat memberikan sambutannya iya juga menyampaikan bahwa Kota Singkawang berturut-turut menjadi kota tertoleran di Indonesia, ini menjadi modal penting bahwa keharmonisan sangat baik disini dan menjadi syarat kebaikan untuk menjadikan Singkawang contoh sebagai Kota yang bukan hanya harmonis dalam masyarakatnya, tetapi juga terkait kuliner yang halal dan aman bagi masyarakat dalam maupun luar Kota Singkawang, imbuhnya. Tentu kami sangat mendukung dan juga sangat berterima kasih kepada Kementerian Agama yang sudah mempercayakan melakukan kegiatan ini di Singkawang. Kami yakin dengan adanya kolaborasi seperti ini akan meningkatkan relasi sosial yang baik dalam hal kualitas produk halal lagi baik, dan juga akan menjadi nilai tambah pariwisata di Kota Singkawang. Kami yakin kerjasama seperti ini akan semakin lebih baik kedepannya, pungkasnya.

Kegiatan kampanye WHO 2024 on the spot dipusatkan diarea pasar juadah Masjid Raya Kota Singkawang ini dipilih karena bertepatan dengan berkumpulnya para pembeli dan penjual di saat menjelang berbuka, dengan mengelilingi stand-stand kuliner, sambil para P3H melakukan sosialisasi wajib halal.

Untuk diketahui Kampanye Halal on the spot yang dilakukan di Kota Singkawang ini dalam rangka mendukung percepatan Wajib Halal Oktober 2024 (WHO 2024) dan untuk menyampaikan kepada masyarakat Kota Singkawang bahwa sejak tanggal 17 Oktober 2024 nanti, produk makanan, minuman, jasa penyembelihan dan hasil penyembelihan, bahan baku, bahan tambahan pangan dan bahan penolong untuk produk makanan dan minuman wajib bersertifikat halal. (MD/skw).