Safari Ramadhan, Kakanwil Kemenag Kalbar Serahkan Bantuan Al-Qur’an Ke Pengurus Masjid Al-Istiqomah

16
Mar 2024
Kategori : Berita
Penulis : humas
Dilihat :45x

Singkawang (Kemenag) – Dalam rangka mengisi kegiatan di Bulan Suci Ramadhan Kantor Kementerian Agama Kota Singkawang melaksanakan program Safari Ramadhan dan Silaturahim bersama Kepala Kantor Wilayah Kemenag Kalbar Dr. H. Muhajirin Yanis, M.Pd.I dan sekaligus didapuk menjadi penyampai materi dalam Kultum saat pelaksanaan Tarawih di Masjid Al-Istiqomah Pasiran Kecamatan Singkawang Barat, Jum’at (15/03/2024).

Turut hadir dalam Safari Ramadhan tersebut, Kabag Tata Usaha Kanwil Kemenag Provinsi, Kaharudin, S.Ag beserta rombongan Kepala Kemenag Kota Singkawang, Drs. H. Muhlis, M.Pd beserta jajarannya, Ketua MUI Kota Singkawang, H. Abdul Halim, Lc, Kepala KUA serta para Penyuluh Agama Islam PNS dan Non PNS dan jama’ah Masjid Al-Istiqomah Pasiran.

Dalam mengawali materi kultumnya, Muhajirin Yanis menjelaskan bahwa pada momen Puasa di bulan Ramadhan ini kita diajarkan untuk menjaga lisan dan mengendalikan keinginan/hawa nafsu. Seperti  pendapat Imam Al-Gazali, tentang sesuatu yang tajam di dunia ini bukanlah pedang, tetapi lisan atau ucapan, ujarnya. Muhajirin melanjutkan tentang petuah orang tua jaman dahulu tentang pesannya yang mengingatkan diri kita untuk menjaga nafas yang keluar ketika bergaul di manapun berada. Maksud dari nafas yang keluar itu ialah kita diajarkan untuk selalu menjaga lisan ketika berbicara, harus berkata yang baik dan tidak suka menggunjing orang lain serta tidak meyakiti hati dan perasaan orang lain, imbuhnya.

Lebih lanjut Muhajirin menjelaskan bahwa di bulan puasa kita diajarkan untuk mengendalikan keinginan, sebab tidak semua keinginan itu kita butuhkan, karena keinginan kita tidak sebanyak yang kita butuhkan. Keinginan ini identik dengan hawa nafsu yang diibaratkan seperti api, apapbila api itu tidak bisa kita kendalikan maka akan membakar apapun disekitarnya, sebaliknya ketika api itu bisa kita kendalikan maka api bahkan bisa bermanfaat untuk kebutuhan kita, begitulah perumpamaan nafsu atau keinginan manusia, pungkasnya.

Diakhir sholat Tarawih dan witir kegiatan Safari Ramdahan dan silaturahim Kemenag ditutup dengan penyerahan bantuan Kitab Suci al-Qur’an kepada Pengurus Masjid Al-Istiqomah yang di sampaikan langsung oleh Kepala Kanwil Kemenag Provinsi yang di dampingi oleh Kabag Tata Usaha Kanwil Kemenag Provinsi dan Kepala Kantor Kemenag Kota Singkawang, di saksikan oleh Ratusan Jamaah Masjid. (MD/skw).