Monitoring Asesmen Madrasah, Kakan Kemenag : “Memastikan Semua Proses dan Kegiatan Berjalan Lancar Tanpa Kendala”

18
Mar 2024
Kategori : Berita
Penulis : humas
Dilihat :213x

Singkawang (Kemenag) – Setelah membuka acara pelepasan Peserta KISWAH Siswa kelas X dan XI MAN Kota Singkawang, Kepala Kantor Kementerian Agama Kota Singkawang, Drs. H. Muhlis, M.Pd didampingi Kepala Seksi Pendidikan Islam, Hj. Rohmawati, M.Pd lanjut melaksanakan monitoring Asesmen Madrasah (AM) pada pelaksanaan hari pertama kelas XII di MAN Kota Singkawang, Senin (18/03/2024).

Pelaksanaan Asesmen di MAN Kota Singkawang di ikuti oleh Siswa Kelas XII sebanyak 261 orang yang terdiri dari 115 Siswa Laki-laki, dan 146 Siswa Perempuan, yang berlangsung selama 8 hari sejak tanggal 18 s/d 28 Maret 2024.

Ketua Panitia Asesmen, Rahmi Nuraztia, S.P., M.Sc menyampaikan bahwa pelaksanaan hari pertama Asesmen Madrasah di MAN Kota Singkawang berbasis laptop dan smartphone dengan aplikasi tambahan Bro-exam versi 2.0, intranet, di 16 ruang Alhamdulillah berjalan dengan lancer tanpa kendala. Rahmi berharap semoga seluruh peserta dapat melaksanakan AM dengan jujur dan percaya diri, serta berjalan lancar dengan hasil yang memuaskan, imbuhnya. Lebih lanjut iya berharap kedepannya seluruh peserta dapat mengikuti AM dengan menggunakan laptop, untuk meminimalisir hambatan alat dan meningkatkan kualitas pelaksanaan, tutupnya.

Pada kesempatan monitoring tersebut Muhlis selaku Kakan Kemenag Kota Singkawang menjelaskan tujuan dilaksanakannya monitoring ini adalah untuk memastikan semua proses dan kegiatan dalam pelaksanaan Asesmen Madrasah sejak awal persiapan hingga akhir pelaksanaannya dilaksanakan dengan baik dan lancar serta tidak ada kendala yang dihadapi. Iya juga menyampaikan dengan monitoring ini Kemenag dapat melihat langsung pelaksanaan, sehingga dapat memberikan masukan dan saran yang bermanfaat dalam rangka peningkatan kualitas pelaksanaan Asesmen Madrasah kedepannya, ujar Muhlis.

Untuk diketahui bahwa Pelaksanaan Asesmen ini merupakan bagian dari inisiatif K3M MA Kalimantan Barat dan diatur secara resmi dalam Keputusan Dirjen Pendidikan Islam Nomor 723 tahun 2024 tentang Prosedur Operasional Penyelenggaraan AM. Asesmen Madrasah adalah asesmen sumatif yang diselenggarakan untuk peserta didik kelas akhir jenjang Madrasah. Tujuan diselenggarakannya Asesmen Madrasah adalah untuk mengukur pencapaian hasil belajar siswa sesuai Standar Kompetensi Lulusan (SKL) yang sudah ditetapkan. (Rahmi/skw)