Kultum Ramadhan, Benny Arifin : “Salah Satu Syarat Mencapai Derajat Muttaqin Adalah Dengan Muhasabah Diri”

19
Mar 2024
Kategori : Berita
Penulis : humas
Dilihat :62x

Singkawang (Kemenag) – Dalam rangka mengisi kegiatan di Bulan Suci Ramadhan Kantor Kementerian Agama Kota Singkawang melaksanakan program Kultum dan Tadarus Al-Qur’an seusai sholat zuhur berjama’ah di Musholla Kantor Kemenag Kota Singkawang selama hari kerja, Selasa (19/03/2024).

Kegiatan di ikuti oleh seluruh Pegawai dan Karyawan Muslim di lingkungan Kantor Kementerian Agama Kota Singkawang. Di awali dengan Sholat Zuhur berjama’ah baru kemudian di lanjutkan dengan siraman rohani penyampaian Tausiah atau Kuliah Tujuh Menit (Kultum) oleh Pejabat dan Pegawai yang mendapat giliran jadwal Kultum secara bergantian setiap selesai sholat Berjama’ah selama hari kerja di bulan Ramadhan.

Pada kesempatan itu Kepala KUA Singkawang Utara, H. Benni Arifin, S.Ag, mendapat giliran menyampaikan Kultum, Ia menyampaikan bulan Ramadhan ini adalah salah satu dari 3 bulan yang dimuliakan oleh Allah, selain Sya’ban dan Rajab. Maka sudah semestinya kita mengisi bulan yang mulia ini dengan memperbanyak amal sholeh, dan sudah semestinya setiap Ramadhan ada perubahan perbaikan dari setiap diri kita baik dari amal dan perilaku. 0leh sebab itu sejatinya sebagai hamba yang beruntung karena kembali bertemu dengan bulan Ramadhan dan sudah semestinya kita harus selalu instropeksi diri dengan memperbanyak muhasabah, apakah kita sudah mencapai apa yang menjadi target dalam setiap tahunnya yaitu menjadi orang-orang yang bertaqwa. Karena diantara salah satu syarat mencapai derajat muttaqin itu adalah dengan muhasabah, yaitu kita koreksi dan evaluasi diri dari setiap amal kita, ujarnya.

Usai penyampaian Kultum dilanjutkan dengan Tadarus Al-Qur’an secara mandiri melanjutkan bacaan tadarusnya masing-masing. Bulan Ramadhan adalah bulan yang penuh berkah dan ampunan bagi umat Islam, serta memiliki banyak keistimewaan, diantaranya ialah dilipat gandakan pahala dari setiap amal ibadah yang kita kerjakan, seperti halnya kegiatan yang dilaksanakan di lingkungan Kantor Kementerian Agama Kota Singkawang ini, tidak lain hanya berharap ridho dari Allah SWT. (MD/skw).