Jelang Festival Ramadhan, Kemenag Singkawang Gelar Rapat Persiapan

21
Mar 2024
Kategori : Berita
Penulis : humas
Dilihat :312x

Singkawang (Kemenag) – Kantor Kementerian Agama Kota Singkawang hari ini menggelar Rapat Koordinasi untuk membahas Persiapan Festival Ramadhan Tahun 2024 yang akan dilaksanakan secara serentak di seluruh Indonesia pada tanggal 22 Maret 2024 besok, Kamis (21/03/2024).

Rapat  koordinasi ini dipimpin langsung oleh Kepala Kantor Kemenag Kota Singkawang, Drs. H. Muhlis, M.Pd didampingi oleh Kepala Seksi Bimas Islam, Bulyamin, Hadimin, S.HI yang berlangsung di ruang kerja Kakan Kemenag. Turut hadir dalam rapat tersebut  Ketua FKUB Kota Singkawang, Baharudin, S.H, Para Penyuluh Fungsional Agama Islam, serta para staf Seksi Bimas Islam.

Kasi Bimas Islam, Bulyamin saat membuka rapat tersebut menyampaikan bahwa kegiatan ini merupakan tindak lanjut dari Surat Dirjen Bimas Kemenag RI Nomor: B-270/Dt.III.IV/HM.01/2/2024 tanggal 1 Februari 2024, yang memaparkan rencana “Festival Ramadan” sebagai bagian dari upaya syiar dan semarak Ramadhan. Rapat koordinasi ini diselenggarakan dalam rangka mendukung dan menyukseskan kegiatan ini, dengan harapan peran serta dari seluruh pihak, ujar Bulyamin. Sesuai arahan Pusat pada penyelenggaraan Festival Ramadhan secara serentak di seluruh Indonesia melalui Zoom Meeting, dan penyaluran bantuan paket sembako yang akan disalurkan secara serentak untuk merayakan momen yang penuh makna dan keberkahan, jelasnya.

Pada kesempatan yang sama dalam rapat yang berlangsung, Kakan Kemenag, Muhlis mengarahkan fokus pada persiapan Festival Ramadhan yang akan digelar besok. Kita perlu memastikan bahwa semua aspek terkait Festival Ramadhan telah dipersiapkan dengan baik, mulai dari logistik hingga penjadwalan kegiatan. Ia menekankan pentingnya koordinasi ini guna membangun kesolidan dan kerjasama yang baik antar tim untuk menjamin kesuksesan acara dikarenakan Festival Ramadhan ini adalah kegiatan Nasional yang melibatkan semua elemen, ungkapnya. Muhlis juga menambahkan sebagai bentuk dukungan dan partisipasi kita selaku umat dan bagian integral dari Kementerian Agama tentu mempunyai kewajiban ikut serta menyukseskan program Kolaborasi Festival Ramadhan ini, imbuhnya.

Berdasarkan hasil rapat koordinasi tersebut dihasilkan kesepakatan bahwa pelaksanaan Festival Ramdhan secara serentak di seluruh Indonesia ini akan bekerjasama dengan BAZNAS Kota Singkawang dengan bentuk pendistribusian 1000 paket sembako dari BAZNAS dan 500 paket sembako dari Kemenag Kota Singkawang. Adapun penyerahan 30 paket sembako secara simbolis kepada 30 orang perwakilan dengan rincian 20 paket sembako dari Kemenag Kota Singkawang dan 10 paket sembako dari BAZNAS Kota Singkawang yang akan dilaksanakan di Op Room Kantor Kemenag Kota Singkawang.

Sebagai informasi bahwa Festival Ramadan yang akan dilaksanakan secara serentak di seluruh Indonesia pada tanggal 22 Maret 2024 besok akan dicatat dalam Museum Rekor Indonesia (MURI). Salah satu tujuan diadakannya Festival ini yaitu dalam rangka meningkatan partisipasi umat Islam dalam berzakat dan kampanye penyaluran dana Zakat, Infak, Sedekah, dan dana Sosial Keagamaan lainnya kepada mustahik (orang yang menerima zakat) di bulan suci Ramadhan. (MD/skw)