MGMP PAKat : “Pembekalan Spiritualitas Guru Agama Katolik dalam Tantangan di Era Digital”

22
Mar 2024
Kategori : Berita
Penulis : humas
Dilihat :387x

Singkawang (Kemenag) – Guru Pendidikan Agama Katolik (PAKat) jenjang SMP dan SMA/SMK yang tergabung dalam Musyawarah Guru Mata Pelajaran (MGMP) Pendidikan Agama Katolik (PAKat) tingkat SMP dan SMA/SMK Kota Singkawang  menyelenggarakan kegiatan Peningkatan Kompetensi Guru Tahun 2024 dengan tema “Pembekalan Spiritualitas Guru Agama Katolik Dalam Tantangan di Era Digital” yang dilaksanakan di Aula Persekolahan Katolik Nyarumkop (PKN), Kamis (21/03/2024).

Kegiatan MGMP ini dibuka secara resmi oleh Penyelenggara Katolik Kantor Kementerian Agama Kota Singkawang,  Elisabet Eli Yohanis, S.Pd yang di ikuti oleh kurang lebih 30 peserta dari Guru Pendidikan Agama Katolik (PAKat) tingkat SMP dan SMA/SMK se-Kota Singkawang yang tergabung dalam MGMP PAKat.

Dalam sambutannya Penyelenggara Katolik, Elisabet Eli Yohanis menyampaikan beberapa hal diantaranya : Guru Agama Katolik harus terus membekali diri dengan pengetahuan Agama yang berbasis digitalisasi dan pendalaman spiritual sehingga bisa lebih profesional dalam mengemban tugas sebagai pendidik. Guru Pendidikan Agama Katolik juga harus selalu memberi spirit rohani kepada para pelajar agar mereka tumbuh menjadi penerus cita-cita Bangsa dengan penuh integritas, ujarnya. Selain itu Eli juga menambahkan bagi para Guru penerima tunjangan profesi baik PNS maupun Non PNS agar selalu tepat waktu dalam melaporkan kinerja bulanan untuk proses pembayaran TPG, begitu juga bagi para Guru Agama Katolik penerima insentif, tutup Elisabet.

Adapun tujuan dilaksanakannya kegiatan ini adalah untuk meningkatkan kualitas dan mutu layanan Sumber Daya Manusia (SDM) guru Agama Katolik dalam melayani pendidikan Agama maupun keagamaan. Daripada itu juga untuk mengaktualkan nilai-nilai Agama kepada generasi milenial saat ini yang makin akrab dan melek dengan tekhnologi informasi digital.

Hadir sebagai pemateri dalam kegiatan tersebut Aji Prayoga Marthan, M.Psi dengan materi “Kompetensi Kepribadian Guru”, serta para tamu undangan lainnya diantaranya RP. Thomas Alfred Dino selaku Pimpinan Umum Persekolahan Katolik Nyarumkop. (Gama/skw)