Festival Ramadhan, Kemenag dan BAZNAS Singkawang Salurkan 1500 Paket Sembako

23
Mar 2024
Kategori : Berita
Penulis : humas
Dilihat :234x

Singkawang (Kemenag) – Kantor Kementerian Agama Kota Singkawang salurkan 1500 Paket Sembako Ramadhan kepada  masyarakat kurang mampu di 5 Kecamatan bekerjasama dengan BAZNAS Kota Singkawang pada Festival Ramadhan Asyik bersama Gusmen dalam Tema Nasional “Kolaborasi Sejuta Cinta“, yang diselenggarakan di Operation Room Kantor Kemenag Kota Singkawang,  Jum’at (22/03/2024).

Aksi sosial ini merupakan program yang diprakarsai Bimbingan Masyarakat (Bimas) Islam Kemenag RI ini diikuti jajaran dan mitra yang mengurus zakat infak dan shadaqah di daerah. Penyerahan bantuan dilakukan serentak di seluruh Kanwil Kemenag Provinsi dan Kantor Kementerian Agama Kabupaten/Kota se Indonesia. Khusus dari Kantor Kemenag Kota Singkawang berhasil menghimpun 1500 paket sembako yang bekerjasama dengan BAZNAS Kota Singkawang yang dibagikan secara simbolis kepada 30 orang perwakilan dari setiap kecamatang masing-masing 6 orang.

Tampak hadir dalam kegiatan tersebut Kepala Kantor Kemenag Kota Singkawang, Drs. H. Muhlis, M.Pd didampingi para Kasi dan Penyelenggara, Ketua BAZNAS Kota Singkawang, H. Mahmudi, S.Ag, Ketua FKUB Kota Singkawang, Baharudin, S.H, serta para penerima bantuan sembako perwakilan dari 5 kecamatan sebanyak 30 orang.

Festival Ramadan Kementerian Agama RI Kolaborasi Sejuta Cinta, Ramadan Asik Bersama Gusmen juga di ikuti secara virtual oleh Keluarga Besar Kementerian Agama di seluruh Indonesia. Dalam sambutan Menteri Agama yang dibacakan oleh Wakil Menteri Saiful Rahmat Basuki melalui Zoom Meeting, menyampaikan bantuan 1,6 juta lebih paket sembako ini akan dicatatkan sebagai rekor MURI. Harapanya dapat membantu meringankan beban masyarakat kurang mampu di Bulan penuh berkah ini, jelasnya.

Sementara itu, Kakan Kemenag Kota Singkawang, Muhlis menjelaskan, bahwa kegiatan ini dilaksanakan dalam rangka kita berbagi penyerahan zakat secara serentak dilakukan oleh Kemeterian Agama RI di seluruh Indonesia serta Lembaga Amil Zakat lainnya. Kegiatan ini dirangkai dengan Festival Ramadhan di Jakarta dan puncak acaranya pada hari ini penyerahan bantuan kepada orang-orang yang berhak menrimanya, ujar Muhlis. Sejalan dengan Wakil Menteri, Muhlis menyampaikan bahwa penyaluran bantuan ini sekitar 1 juta paket sembako di seluruh Indonesia dan Kantor Kemenag Kota Singkawang mendapat jatah 500 paket sembako sedangkan BAZNAS Kota Singkawang mendapat jatah 1000 paket sembako, yang pada hari ini akan diserahkan secara simbolis kepada 30 perwakilan dari 5 Kecamatan. Dan penyaluran paket sembako secara bertahap BAZNAS sebagian sudah di bagikan, sedangkan Kemenag Kota Singkawang juga sebagian sudah di bagikan melalui masing-masing KUA dan Madrasah-madrasah yang lainnya pada akhirnya penyaluran 1500 paket sembako itu tercapai kepada yang berhak menerimanya, jelasnya. Ditambahkannya bahwa 30 orang perwakilan yang di panggil ke Kantor Kemenag dalam penyalurannya tidak hanya mendapat paket sembako, tetapi juga ada tambahan uang transportasi. Ia juga berharap dengan penyelenggaraan ini semakin menambah kepercayaan masyarakat untuk mengeluarkan Zakat, Infaq dan Sodaqoh kepada BAZNAS, pungkasnya.

Acara berikutnya dilanjutkan dengan penyerahan Piagam Penghargaan Audit Syari’ah Terbaik Tingkat Provinsi Kalimantan Barat yang di raih oleh BAZNAS Kota Singkawang, piagam diserahkan oleh Kakan Kemenag kepada Ketua BAZNAS Kota Singkawang. Kemudian dilanjutkan dengan penyerahan paket sembako secara simbolis kepada 30 perwakilan dari semua Kecamatan. Agenda kegiatan diakhiri dengan buka bersama dengan para jajran dilingkungan Kantor Kemenag Kota Singkawang dan para tamu undangan. Sebagai informasi pengumpulan 500 paket sembako ini secara sukarela terkumpul dari seluruh keluarga besar di lingkungan Kantor Kementerian Agama Kota Singkawang. (MD/skw)