Buka Sanlat Ramadhan, Kakan Kemenag Berpesan : “Jaga Ukhuwah Islamiyah dan Rawat Toleransi”

25
Mar 2024
Kategori : Berita
Penulis : humas
Dilihat :172x

Singkawang (Kemenag) – Dewan Pengurus Daerah (DPD) Badan Komunikasi Pemuda Remaja Masjid Indonesia (BKPRMI) Kota Singkawang menggelar Kegiatan Pesantren Kilat (Sanlat) Ramadhan bagi Pelajar dan Remaja Masjid yang berlangsung di Masjid Al Islam Sakok Kecamatan Singkawang Selatan, Minggu (24/03/2024).

Turut hadir dalam kegiatan Sanlat ini Kepala Kantor Kementerian Agama Kota Singkawang, Drs. H. Muhlis, M.Pd, Camat Singkawang Selatan diwakili oleh Kasi Pemerdayaan Masyarakat, Johni Amran, S.E, Kapolsek Singkawang Selatan yang diwakili oleh KA SPK Regu 2 AIPTU Asep Mardianto, Ketua Umum DPD BKPRMI, Rabuansyah, S.HI, Ketua DKM Masjid Al Islam beserta pengurus, dan para Guru Pendamping serta diikuti oleh kurang lebih 168 orang peserta utusan dari SMP, SMA/SMK/MA dan Remaja Masjid. Kegiatan sanlat berlangsung selama 1 hari yang dimulai dari pukul 07.00 s/d 16.30 dan dibuka secara resmi oleh Kakan Kemenag Kota Singkawang.

Ketua Umum DPD BKPRMI, Rabuansyah dalam sambutannya menyampaikan bahwa diadakannya Sanlat ini adalah dengan tujuan memberikan penguatan keimanan dan pengetahuan agama dan pengetahuan umum khususnya tentang bahaya narkotika yg di sampaikan dari BNN Kota Singkawang, ucapnya. Rabuansyah berharap semoga kegiatan seperti ini terus ditingkatkan khususnya di bulan suci Ramadhan karena ini adalah bagian dari Amaliyah di bulan Ramadhan, selain itu besar harapannya untuk kedepannya dapat dukungan penuh dari seluruh pihak,terutama Pemerintah Kota Singkawang, Kementerian Agama dan Pengurus Masjid serta dari Kepala Sekolah, imbuhnya.

Sementara itu Kakan Kemenag Kota Singkawang, Muhlis dalam membuka acara memberikan sambutannya dengan menyampaikan dukungan secara penuh untuk kegiatan yang positif seperti ini karena dapat mengasah pemahaman Agama bagi para Pelajar, tentunya ini menjadi kegiatan yang harus tetap dijaga dan dilestarikan ke depannya, ungkap Muhlis.

Selain itu Ia menegaskan bahwa anak-anak harus menjadi calon masa depan serta bisa memakmurkan masjid dan menjadi garda terdepan dalam menjaga persatuan dan kesatuan bangsa. Terakhir Muhlis berpesan kepada seluruh peserta sebagai generasi penerus, pentingnya menjaga ukhuwah Islamiyah dan selalu merawat toleransi serta mewujudkan remaja Masjid yang tangguh dan disiplin serta taat kepada orang tua, pungkasnya.

Penyelenggaraan Pesantren Kilat Ramadhan 1445 H yang berlangsun selama 1 hari ini digagas oleh DPD BKPRMI Kota Singkawang di Kecamatan Singkawang Selatan ini di isi dengan kegiatan Tadarus Al-Qur’an, Kajian Islam, Materi tentang Narkotika dari BNN cerita Islami. Selain Sanlat di Kecamatan Selatan, kegiatan yang sama juga diselengrakan di Kecamatan lain yang diselenggarakan oleh DPK BKPRMI Kota Singkawang, dengan berbagai ragam agenda lainnya. (Rabuansyah/skw)