Kultum Ramadhan, Ehwan : “Keutamaan Bagi Orang Yang Berpuasa di Bulan Ramadhan”

26
Mar 2024
Kategori : Berita
Penulis : humas
Dilihat :211x

Singkawang (Kemenag) – Dalam rangka mengisi kegiatan di Bulan Suci Ramadhan Kantor Kementerian Agama Kota Singkawang melaksanakan program Kultum dan Tadarus Al-Qur’an seusai sholat zuhur berjama’ah di Musholla Kantor Kemenag Kota Singkawang selama hari kerja, Selasa (26/03/2024).

Kegiatan di ikuti oleh seluruh Pegawai dan Karyawan Muslim di lingkungan Kantor Kementerian Agama Kota Singkawang. Di awali dengan Sholat Zuhur berjama’ah baru kemudian di lanjutkan dengan siraman rohani penyampaian Tausiah atau Kuliah Tujuh Menit (Kultum) oleh Pejabat dan Pegawai yang mendapat giliran jadwal Kultum secara bergantian setiap selesai sholat Berjama’ah selama hari kerja di bulan Ramadhan.

Pengawas Ahli Madya, H. Ehwan, S.Ag, dalam kultumnya Ia menyampaikan tentang “Keutamaan orang yang berpuasa sebagaimana disebutkan di Shahih Bukhari 92/1, orang itu beriman kepada Allah dan ridho dengan kewajiban berpuasa, serta hanya mengharap pahala dan balasan dari Allah semata. Maka orang yang demikian ini akan mendapatkan ampunan dari dosa-dosa (kecilnya) yang telah dia lakukan,” ujar Ehwan

Ia melanjutkan bahwa keutamaan ibadah puasa lainnya ialah akan menjadi kegembiraan bagi hambanya di dunia dan di akhirat. Puasa menjadi penjagaan dari kemaksiatan dan api neraka, akan mendapat pintu menuju surga yang dinamakan pintu Ar Royan yang akan dimasuki bagi orang-orang yang berpuasa dan memberikan syafaat bagi seorang hamba yang berpuasa pada hari kiamat, pungkasnya.

Usai penyampaian Kultum dilanjutkan dengan Tadarus Al-Qur’an secara mandiri melanjutkan bacaan tadarusnya masing-masing. Bulan Ramadhan adalah bulan yang penuh berkah dan ampunan bagi umat Islam, serta memiliki banyak keistimewaan, diantaranya ialah dilipat gandakan pahala dari setiap amal ibadah yang kita kerjakan, seperti halnya kegiatan yang dilaksanakan di lingkungan Kantor Kementerian Agama Kota Singkawang ini, tidak lain hanya berharap ridho dari Allah SWT. (MD/skw)