Safari Ramadhan, Kemenag Singkawang Serahkan Bantuan Paket Sembako, Al-Qur’an dan Cinderamata Untuk Muadzin dan Imam

27
Mar 2024
Kategori : Berita
Penulis : humas
Dilihat :52x

Singkawang (Kemenag) – Kantor Kementerian Agama Kota Singkawang menggelar Safari Ramadhan Putaran ke dua yang berlangsung di Masjid Baitul Huda Kelurahan Nyarumkop, Kecamatan Singkawang Timur yang dipimpin oleh Kepala KUA Singkawang Timur, H. Nurirwanto, S.Ag di dampingi Penyuluh Agama Ahli Madya, Marsina, S.Ag bersama Tim Safari Ramadhan Kemenag Singkawang, Selasa (26/03/2024).

Turut hadir dalam kegiatan Safari Ramadhan Kasi Pendis, Hj. Rohmawati, S.Pd.I, M.Pd, para Kepala KUA, Kepala Madrasah, Tokoh Agama, Tokoh Masyarakat setempat dan para Penyuluh Agama PNS dan Non PNS KUA Kecamatan Singkawang Timur, Tim Safari Ramadhan Kemenag Kota Singkawang lainnya serta  para Pengurus Masjid dan ratusan jamaah Masjid Baitul Huda Nyarumkop.

Kegiatan Safari Ramadhan ini di awali dengan sambutan dari Kepala KUA Singkawang Timur mewakili Kakan Kemenag Kota Singkawang dalam membuka rangkaian kegiatan, kemudian dilanjutkan penyerahan bantuan paket sembako oleh Kepala KUA beserta Tim Safari Ramadhan kepada masyarakat yang sudah terdata dan layak menerimanya, kemudian penyerahan bantuan berupa Al-Qur’an kepada pengurus Masjid Baitul Huda serta penyerahan cinderamata kepada para imam dan muadzin Masjid Baitul Huda Nyarumkop.

Rangkaian berikutnya penyampaian tausiah oleh Agus Salim, SE.I selaku Penghulu Ahli Muda KUA Singkawang Barat sembari menunggu adzan magrib dan dilanjutkan dengan buka bersama para jamaah dan pengurus Masjid Baitul Huda dan Tim Safari Ramadhan Kemenag Kemudia dilanjutkan dengan Sholat Isya, Taraweh dan witir bersama. Dalam rangkaian shalat Isya dan Taraweh di selingi dengan Kultum yang disampaikan oleh Ustadz Misnan, S.Sos.I selaku Penyuluh Agama KUA Singkawang Timur.

Dalam kesempatan tersebut, Kepala KUA Singkawang, Nurirwanto memberikan kata sambutannya menyampaikan bahwa Pengurus Masjid dan para Jama’ah harus bersinergi dengan baik untuk bersama-sama memakmurkan Masjid karena ini menjadi tanggung jawab kita bersama, ujarnya. Kemudian terkait status tanah Masjid ini juga harus jelas, kejelasan ini disertakan dengan tanah mesjid harus bersertifikat wakaf, agar mempunyai kepastian dan kekuatan hukum, hal ini untuk menghindari terjadinya hal-hal yang tidak diinginkan. Kalau tanah sudah bersertifikat, tidak ada lagi kekhawatiran soal kepemilikannya, karena sudah ada tanda sah bahwa tanah itu adalah wakaf, jelasnya. Diakhir sambutannya Nurirwanto mengapresisi pengurus Masjid dan jama’ah yang sudah mensukseskan acara Safari Ramadhan ini, pungkasnya.

Sementara itu Ketua Pengurus DKM Masjid Baitul Huda Nyarumkop menyatakan secara pribadi dan sekaligus mewakili masyarakat atau Jama’ah Masjid mengucapkan terima kasih yang sebesar-besarnya atas kunjungan dan bantuan yang sudah diberikan, semoga menjadi amal jariyah dan silaturahim serta bantuan baik secara moril dan materil tetap terjaga sehingga lading pahala tetap selalu mengalir, imbuhnya.

Sebagai informasi Rangkaian Safari Ramadhan Kemenag Kota Singkawang yang dilaksanakan di 5 Kecamatan di Kota Singkawang di mulai tanggal 24 Maret di wilayah Singkawang Utara dan akan berakhir pada tanggal 30 Maret di wilayah Singkawang Selatan. (MD/skw)