Pembinaan KKG PAKat Jenjang SD se-Kota Singkawang Tahun 2024

28
Mar 2024
Kategori : Berita
Penulis : humas
Dilihat :55x

Singkawang (Kemenag) – Penyelenggara Agama Katolik Kantor Kementerian Agama Kota Singkawang, Elisabet Eli Yohanis, S.Pd membuka secara resmi Kegiatan Pembinaan Kelompok Kerja Guru (KKG) Pendidikan Agama Katolik (PAKat) Jenjang Sekolah Dasar (SD) se-Kota Singkawang Tahun 2024 yang diikuti kurang lebih 20 orang peserta yang berlangsung di Aula Taman Rekreasi Teratai Indah Singkawang, Rabu (27/03/2024).

Kegiatan pembinaan Guru PAKat ini diselenggarakan oleh KKG PAKat SD dengan mengususng Tema “Peningkatan Kualitas Guru Agama katolik Dalam Kurikulum Merdeka Berbasis Pembelajaran di Era Digital”. Adapun tujuan diselenggarakannya kegiatan ini adalah untuk menjadi forum yang berharga bagi para guru Pendidikan Agama Katolik untuk bertukar pengalaman, menyamakan pemahaman, serta merumuskan langkah-langkah strategis dalam implementasi Kurikulum Merdeka Belajar.

Penyelenggara Katolik, Elisabet dalam sambutannya menyampaikan bahwa Implementasi sebagai seorang guru pendidikan agama Katolik adalah bentuk pengabdian yang meliputi bidang profesi, evaluasi dan kemasyarakatan. Guru harus terus meningkatkan kompetensi untuk menunjang pembelajaran di era digital dimana kompetensi tersebut meliputi kompetensi professional, kompetensi pedagogik, kompetensi sosial dan kompetensi kepribadian, ujar Elisabet.

Selain itu Guru Pendidikan Agama Katolik mempunyai peran sebagai pewarta kabar keselamatan Tuhan yang berkaitan sebagai tenaga pendidik untuk menuntun peserta didik menuju kedewasaan jasmani maupun rohani. Motivasi guru pendidikan agama Katolik harus berlandaskan keikhlasan, kasih sayang dan idealisme. Semangat, dorongan dan pengalaman rohani hendaknya menjadi spritualitas guru pendidikan agama Katolik, imbuhnya.

Penyelenggara Katolik Kota Singkawang menambahkan agar semua guru pendidikan Agama Katolik untuk melakukan aktivasi akun pada aplikasi Simpatika ditiap semester dan bagi para guru penerima tunjangan profesi untuk selalu tepat waktu dalam mengumpulkan laporan bulanan agar pembayaran bisa diproses. (Gama/skw).