Hadiri Safari Ramadhan Terakhir, Kakan Kemenag Sampaikan Kultum : “Jadikan Ramadhan Tahun Ini Ramadhan Adalah Ramadhan Yang Terbaik Untuk Kita

31
Mar 2024
Kategori : Berita
Penulis : humas
Dilihat :233x

Singkawang (Kemenag) – Rangkaian Kegiatan Safari Ramadhan Kantor Kementerian Agama Kota Singkawang yang dilaksanakan di 5 Kecamatan di Kota Singkawang memasuki hari terakhir yang berlangsung di Masjid Baitul Huda Kelurahan Sedau, Kecamatan Singkawang Selatan dan di pimpin langsung oleh Kepala Kantor Kemenag Kota Singkawang, Drs. H. Muhlis, M.Pd, Sabtu (30/03/2024)

Turut hadir dalam kegiatan Safari Ramadhan tersebut Camat Singkawang Selatan, Apriyanto, S.Sos, Kepala Sub Bagian Tata Usaha, Aliyansah, S.Pd.I, M.Pd, para Kepala KUA, Kepala Madrasah, Staf Bimas Islam, Staf Pendis, Tokoh Agama, Tokoh Masyarakat setempat dan para Penyuluh Agama PNS dan Non PNS KUA Kecamatan Singkawang Selatan, Tim Safari Ramadhan Kemenag Kota Singkawang lainnya serta  para Pengurus Masjid dan ratusan jamaah Masjid Baitul Huda Kelurahan Sedau.

Kegiatan Safari Ramadhan kali ini di awali dengan sambutan dari Ketua Masjid Baitul Huda, H. Tarmizi, Ia menyampaikan ucapan terima kasih kepada Tim Safari Ramadhan Kemenag Singkawang yang sudah menjadwalkan Safari Ramadhannya untuk mengunjungi Masjid Baitul Huda ini dan sekaligus memberikan bantuan dan bingkisan secara gratis kepada masyarakat di wilayah Masjid, ujarnya.

Pada kesempatan tersebut Kepala KUA Singkawang Selatan mewakili Kakan Kemenag Kota Singkawang yang belum sempat membuka rangkaian kegiatan dikarenakan sedang memenuhi undangan acara buka bersama Pj. Walikota Singkawang, kemudian dilanjutkan penyerahan bantuan paket sembako oleh Kasubbag TU beserta Tim Safari Ramadhan kepada masyarakat yang sudah terdata dan layak menerimanya, kemudian penyerahan bantuan berupa Al-Qur’an kepada pengurus Masjid Baitul Huda serta penyerahan cinderamata kepada para imam dan muadzin Masjid Baitul Huda Kelurahan Sedau.

Rangkaian berikutnya jamuan buka bersama Tim Safari Ramadhan beserta para Pengurus dan Jamaah Masjid Baitul Huda dan makan bersama selepas Sholat Magrib di rumah Ketua Masjid Baitul Huda yang berseberangan dengan Masjid tersebut. Kegiatan dilanjutkan dengan sholat Isya bersama kemudian penyampaian kultum oleh Kakan Kemenag Kota Singkawang, Drs. H. Muhlis, M.Pd yang menyempatkan hadir walau agak terlambat seusai menghadiri undangan buka bersama Pj. Walikota Singkawang dan kegiatan di lanjutkan sholat tarawih dan witir.

Dalam kesempatan tersebut, Kakan Kemenag, Muhlis menyampaikan kultumnya, Ia menyebutkan bahwa Bulan Ramadhan ini adalah bulan riyadhoh atau bulan pelatihan untuk kita yang hanya 1 bulan untuk menghadapi 11 bulan berikutnya setelah Ramadhan usai nanti. Latihan ini tujuannya untuk kita selaku orang-orang yang beriman agar mencapai derajat taqwa, untuk melihat berhasil atau tidaknya tujuan dari kita berpuasa ini adalah di 10 malam terakhir bulan Ramadhan dan 11 bulan berikutnya seusai bulan Ramadhan, ungkapnya.

Dengan demikian disisa-sisa 10 malam terakhir ini maka manfaatkan dengan sebaik-baiknya untuk kita mengisi amaliyah Ramadhan dengan memperbanyak amalan sunah, karena saat kita mengerjakan yang sunah di bulan Ramadhan, pahalanya sama dengan pahalan amalan wajib. Jangan beranggapan hanya amalan sunah yang ketika tidak dikerjakan tidak apa-apa, tapi ubahlah mindset kita bahwa ketika kita tidak mengerjakan amalan sunah maka kita akan rugi, ujarnya. Lebih lanjut Muhlis berpesan bahwa tercapai atau tidaknya ibadah puasa kita itu diakhir Ramdhan dan 11 bulan akan datang kita akan menjadi lebih baik atau tidak. Dalam suasana Riyadhoh ini kita jadikan Ramadhan tahun ini adalah Ramadhan yang terbaik untuk kita, sehingga kita tidak menyepelekan dan semakin giat untuk melaksanakan ibadah, pungkasnya.

Sebagai informasi Rangkaian Safari Ramadhan Kemenag Kota Singkawang yang dilaksanakan di 5 Kecamatan Kota Singkawang mulai pada hari Minggu tanggal 24 Maret di Masjid Baitul Huda Kelurahan Semelagi Kecil, Kecamatan Singkawang Utara dan berakhir pada hari Sabtu tanggal 30 Maret di Masjid Baitul Huda Kelurahan Sedau, Kecamatan Singkawang Selatan. (MD/skw)