Kultum Ramadhan, Muhlis : “Jadikan Ramadhan Tahun Ini Ramadhan Yang Terbaik Untuk Kita”

4
Apr 2024
Kategori : Berita
Penulis : humas
Dilihat :544x

Singkawang (Kemenag) – Dalam rangka mengisi kegiatan di Bulan Suci Ramadhan Kantor Kementerian Agama Kota Singkawang melaksanakan program Kultum dan Tadarus Al-Qur’an seusai sholat zuhur berjama’ah di Musholla Kantor Kemenag Kota Singkawang selama hari kerja,, Kamis (04/04/2024).

Kegiatan di ikuti oleh seluruh Pegawai dan Karyawan Muslim di lingkungan Kantor Kementerian Agama Kota Singkawang. Di awali dengan Sholat Zuhur berjama’ah baru kemudian di lanjutkan dengan siraman rohani penyampaian Tausiah atau Kuliah Tujuh Menit (Kultum) oleh Pejabat dan Pegawai yang mendapat giliran jadwal Kultum secara bergantian setiap selesai sholat Berjama’ah selama hari kerja di bulan Ramadhan.

Pada kesempatan itu Kepala Kantor Kemenag, Drs. H. Muhlis, M.Pd dalam kultumnya Ia menyampaikan tentang tujuan dari puasa adalah menjadikan kita orang-orang yang bertaqwa yang termaktub dalam QS. Al-Baqarah ayat 183. Untuk mencapai derajat taqwa maka diperlukan perjuangan yang keras salah satunya adalah dengan kita memaksimalkan ibadah di bulan Ramadhan ini yang hanya diberikan kesempatan kepada kita yang beruntung hanya 1 bulan lamanya, ujarnya. Jadikan bulan Ramadhan ini adalah bulan Ramadhan yang terbaik untuk kita memaksimalkan ibadah, karena belum tentu tahun berikutnya kita dapat bertemu lagi dengan yang bulan mulia ini, imbuhnya.

Lebih lanjut Muhlis menyampaikan bahwa Program Ramadhan ini kita gelar untuk menyemarakkan syiar Islam di tengah-tengah masyarakat, khususnya dilingkungan Kantor Kemenag Singkawang,sehingga umat semakin dekat dengan Al Quran dan Islam. Selanjutnya Ia berharap, semoga  semua agenda kegiatan ini dapat dilaksanakan dengan sebaik-baiknya, dan tentunya berharap semoga Allah berikan kepada kita kesehatan dalam melaksanakannya dan segala aktifitas yang dilakukan bernilai ibadah, harapnya.

Usai penyampaian Kultum dilanjutkan dengan Tadarus Al-Qur’an secara mandiri melanjutkan bacaan tadarusnya masing-masing. Bulan Ramadhan adalah bulan yang penuh berkah dan ampunan bagi umat Islam, serta memiliki banyak keistimewaan, diantaranya ialah dilipat gandakan pahala dari setiap amal ibadah yang kita kerjakan, seperti halnya kegiatan yang dilaksanakan di lingkungan Kantor Kementerian Agama Kota Singkawang ini, tidak lain hanya berharap ridho dari Allah SWT. (MD/skw).