Rapat Unsur Pimpinan, Bahas Layanan Publik Di Kementerian Agama Kota Singkawang

4
Apr 2024
Kategori : Tak Berkategori
Penulis : humas
Dilihat :552x

Singkawang (Kemenag) – Kantor Kementerian Agama Kota Singkawang menggelar  Rapat Koordinasi Unsur Pimpinan yang rutin diakukan setiap bulannya kali ini dilaksanakan sedikit berbeda dari bulan-bulan sebelumnya, karena bertepatan dengan bulan suci Ramadhan, rapat Koordinasi Unsur Pimpinan dirangkaikan dengan buka puasa bersama, yang diselenggarakan di Resto Kampung Batu, Rabu (03/04/2024).

Rapat koordinasi unsur pimpinan yang dirangkaikan dengan buka puasa bersama kali ini dihadiri oleh, Kakan Kemenag Kota Singkawang, Drs. H. Muhlis, M.Pd yang didampingi  Kasubbag TU, Aliyansah, S.Pd.I, M.Pd, Para Kasi dan Penyelenggara, Para Kepala KUA se-Kecamatan Kota Singkawang, serta para Kepala Madrasah Negeri semua tingkatan dari jenjang MI sampai MA.

Rapat dibuka dengan pengantar dari Kasubbag TU, Aliyansah menyampaikan garis besar hasil dari pertemuan pada kegiatan Persiapan Integrasi Sistem Informasi Layanan Publik di Jakarta kemarin. Kemudian Aliyansah menegaskan tentang proses menuju WBBM maka peningkatan kualitas administrasi di masing-masing satker, kemudian memperkuat system aplikasi yang terpadu yang nantinya akan terpusat pada Kantor Kemenag, kemudian meningkatkan evaluasi secara berkala melalui survey kepuasan layanan publik, imbuhnya.

Sementara itu, Kakan Kemenag, Muhlis dalam sambutannya menyatakan bahwa rapat koordinasi unsusr pimpinan yang dirangkaikan dengan buka puasa bersama ini merupakan inisiasi bersama yang disepakati bersama-sama dan merupakan salah satu agenda untuk mempererat tali silaturahim diantara kita bersama, ujarnya.

Lebih lanjut disampaikan olehnya sejalan dengan Kasubag TU bahwa berkaitan dengan Persiapan Integrasi Sistem Informasi Layanan Publik pada Kementerian Agama yang diikuti pada pekan kemarin, Ia menambahkan bahwa Indeks kepuasan pada layanan publik melalui survei di KUA dioptimalkan kembali demi untuk kelancaran proses penilaian nantinya, memperkuat kualitas layanan publik ini adalah untuk mempertahankan predikat ZI WBK menuju WBBM. Sedangkan pada Madrasah dari jenjang MIN,  MTsN dan MAN merupakan satker tersendiri dan tidak masuk dalam wilayah penilaian Kemenag, dan sekiranya Madrasah dapat study banding ke Madrasah lain yang sudah ZI WBK, seperti MAN IC Serpong, jelasnya.

Ditambahkannya sebagai informasi bahwa kebijakan mengenai seragam Kemenag itu dikelola oleh DWP, pembayaran dipotong langsung, kemudian berkaitan dengan mendekati cuti bersama bahwa ASN dan pegawai pada hari Jum’at adalah terakhir bekerja sebelum menghadapi cuti bersama dalam rangka Hari Raya Idul Fitri. Untuk keamanan dalam menghadapi masa libur yang lumayan panjang maka perketat pejagaan keamanan di kantor masing-masing. Terakhir sebelum menutup rapat, Muhlis mengingatkan untuk acara halal bihalal akan dilaksanakan di rumahnya pada tanggal 17 April untuk seluruh keluarga besar Kemenag, pungkasnya.

Selepas rapat acara dilanjutkan dengan buka bersama kemudian sholat magrib berjama’ah dan ditutup dengan makan bersama sambil berdiskusi santai sembari menunggu waktu sholat isya dan tarawih yang pelaksanaannya di masing-masing arah dan tujuannya. (MD/skw).