MIN Singkawang Gelar Kegiatan Khotmil Qur’an dan Buka Bersama

6
Apr 2024
Kategori : Berita
Penulis : humas
Dilihat :726x

Singkawang (Kemenag) – Dalam rangka memeriahkan ibadah di Bulan Suci Ramadhan 1445 H, jajaran Keluarga Besar Madrasah Ibtidaiyah Negeri (MIN) Kota Singkawang menyelenggarakan kegiatan Khotmil Qur’an 30 Juz dan dirangkaikan dengan Buka Puasa Bersama di halaman MIN Kota Singkawang, Jum’at (05/04/2024).

Turut hadir dalam kegiatan ini Kepala Seksi Pendidikan Islam, Hj. Rohmawati, M.Pd, Kepala MIN Singkawang, Muslimah, S.Pd.I, Ketua Komite, Sumadi, S.Pd.SD, Pengasuh Ponpes Ash-Shomadiyah, Kyai M. Yani, S.Pd.I, Ketua RT, Holil, Nyai Hj. Ummi Kulsum (sesepuh / istri Kyai H. Abdus Shomad, serta diikuti oleh seluruh Dewan Guru, Staf TU dan seluruh Siswa/i MIN Singkawang dari kelas 3 sampai kelas 6.

Kegiatan Khotmil Qur’an ini merupakan satu rangkaian dari penyelesaian pembacaan tadarus 30 juz Al-Qur’an yang dilaksanakan setiap harinya sebelum kegiatan pembelajaran di mulai selama bulan Ramadhan oleh siswa/i MIN Singkawang tahun ini. suatu penyelesaian dari pembacaan Al-Quran dan sekaligus upaya peningkatan bacaan dan kefasihan dalam membaca kitab suci Al-Quran. Demikian yang diungkapkan oleh Waka Humas MIN Singkawang, Zahrah, S.Pd.I.

Kepala MIN Singkawang, Muslimah, dalam sambutannya menyampaikan semoga kegiatan ini tetap terus terlaksana pada tahun berikutnya dan lebih baik lagi dan terus jaga dan jalin kerjasama dengan baik dan solid dalam perencanaan kegiatan, ujarnya. Semoga dengan kegiatan Khotmil Qur’an dan juga setiap pembacaan 30 Juz Al-Qur’an terutama di bulan Ramadhan ini diharapkan siswa dapat lebih meningkatkan bacaan serta kefasihannya dalam melantunkan ayat suci Al-qur’an, serta mendapatkan keberkahan yang berlipat ganda pada bulan ramadhan kali ini, pungkasnya.

Sementara itu Kasi Pendis, Rohmawati saat membuka acara menyampaikan apresiasi yang setinggi-tingginya untuk seluruh keluarga besar MIN Singkawang yang sudah menyelenggarakan kegiatan Khotmil Qur’an yang berjalan lancer dan meriah, semoga dalam kegiatan ini kita memperoleh keberkahan berlipat ganda terutama di bulan Ramadhan, imbuhnya. Ditambahkannya pula sejalan dengan Kepala MIN, Ia berharap kegiatan ini terus terlaksanan pada tahun-tahun berikutnya, selain itu program ini jangan berhenti disini, tetapi tetap terus berlanjut dan harapannya orang tua juga bisa mengontrol anak-anaknya di rumah dan setiap hari terus digalakkan dalam membaca Al-Qur’an baik di luar bulan suci Ramadhan, tutupnya.

Sebagai tambahan informasi bahwa kegiatan Khotmil Qur’an ini di awali dengan arak-arakan oleh dewan Guru serta siswa-siswi MIN Singkawang di iringi sholawat dengan tabuhan rebana dan membawa pernak-pernik Khataman Qur’an dan dilanjutkan dengan Khotmil Qur’an dan pembacaan doa Khotmil Qur’an oleh Ustadz Amin Mochtar. Rangkaian berikutnya adalah penyampaian Tausiah sembari menunggu acara buka puasa bersama yang disampaikan oleh Ustadz Ulil Absor, M.Pd dengan tema “Mencintai Al-Qur’an dan Berakhlaq Mulia”. Rangkaian kegiatan di akhiri dengan buka puasa bersama dan sholat maghrib bersama seluruh keluarga besar MIN Singkawang beserta tamu undangan. (Zahrah/skw).