Kemenag Kota Singkawang Terima Evaluasi (Sampling) Tim Investigasi Itjen Kemenag

16
Apr 2024
Kategori : Berita
Penulis : humas
Dilihat :314x

Singkawang (Kemenag) – Kepala Kantor Kementerian Agama Kota Singkawang, Drs. H. Muhlis, M.Pd didampingi oleh Kepala Sub Bagian TU, Aliyansah, S.Pd.I, M.Pd menerima kunjungan kerja Tim Investigasi Inspektorat Jenderal Kementerian Agama (Itjen Kemenag) di ruang kerjanya, Selasa (16/04/2024).

Kunjungan Tim Investigasi Itjen Kemenag ke Kantor Kemenag Kota Singkawang ini dilaksanakan selama 5 hari sejak tanggal 16 s/d 20 April 2024 dengan tujuan untuk Evaluasi (Sampling) terkait distribusi Bantuan Pemerintah di Lingkungan Kanwil Kementerian Agama Provinsi Kalimantan Barat  dalam rangka mengawal keberhasilan, kemajuan dan permasalahan terkait distribusi bantuan Pemerintah pada satuan kerja Kementerian Agama. Tim Investigasi Itjen Kemenag ini berjumlah 3 orang yang diketuai oleh Ahmad Efendy dan beranggotakan Khairul Anwar dan M. Irsan dengan tempat tugas di wilayah Sambas, Bengkayang dan Singkawang.

Kakan Kemenag Kota Singkawang, Muhlis menyambut baik kedatangan Tim Investigasi Itjen Kementerian Agama guna mengevaluasi terkait distribusi bantuan Pemerintah. Evaluasi ini perlu dilakukan agar masing masing satuan kerja mampu mengendalikan internalnya dan agar tindak kecurangan tidak terjadi atau setidaknya dapat dikendalikan, terlebih lagi Kantor Kemenag Kota Singkawang ini sudah meraih predikat Wilayah Bebas Korupsi (WBK) dan akan menuju ke Wilayah Birokrasi Bersih Melayani (WBBM), ujarnya. Ia menyatakan berkomitmen penuh untuk mendukung upaya-upaya Pemerintah pusat dalam memastikan penggunaan dana rehabilitasi bantuan yang tepat sasaran dan transparan, jelasnya.

Sejalan dengan Kakan Kemenag, Kasubag TU, Aliyansah menambahkan bahwa predikat WBK dan WBBM ini bukan sebuah hambatan bagi Kabupaten/Kota atau Provinsi, justru predikat ini menjadikan kemudahan kita dalam bekerja yang sesuai prosedur dan aturan yang berlaku, sehingga dapat menyajikan data yang akuntabel dan transparan, ungkapnya. Lebih lanjut Ia menyatakan dengan adanya evaluasi ini akan berdampak positif untuk penyempurnaan dan perbaikan nilai capaian kinerja Kemenag Kota Singkawang, tuturnya.

Sementara itu M. Irsan selaku anggota Tim Investigasi yang ditugaskan di wilayah Kota Singkawang menyatakan bahwa evaluasi yang dilakukannya dengan turun kelapangan mengambil beberapa sampling satuan kerja sebagai bahan evaluasi, ujarnya. (MD/skw)