Pelaksanaan Bimbingan Manasik Haji Tingkat Kecamatan Musim Haji 1445 H / 2024 M Dimulai Hari Ini

22
Apr 2024
Kategori : Berita
Penulis : humas
Dilihat :99x

Singkawang (Kemenag) – Pelaksanaan Bimbingan Manasik Haji Musim Haji Tahun 1445 Hijriah/2024 Masehi Tingkat Kecamatan se-Kota Singkawang dimulai hari ini Senin 22 April hingga 02 Mei 2024. Kegiatan di buka secara resmi oleh Kepala Sub Bagian Tata Usaha, Aliyansah, S.Pd.I, M.Pd bertempat di Masjid Fatabiqul Khairat, Senin (22/04/2024).

Kegiatan bimbingan Manasik Haji ini diprakarsai oleh Seksi Penyelenggara Haji dan Umrah (PHU) Kantor Kemenag Kota Singkawang bekerjasama dengan KUA Kecamatan dan dengan mengundang narasumber yang berkompeten dibidangnya diantaranya ; Kakan Kemenag Kota Singkawang, Drs. H. Muhlis, M.Pd., KH. Bujang Rasnie, BA, H. Hamidi Mi’raj, M.Pd, dr. Hj. Sri Nuryani, Drs. H. Sukardi, M.PS, H. Burhanul Purkan, SE.,M.Si, H. Rasniardhi, ST, dan H. Jahri, S.Ag yang diikuti oleh 113 orang Jemaah Haji Reguler dengan rincian 55 orang laki-laki dan 58 orang perempuan.

Dalam laporan Ketua Panitia, Agus Salim, S.E.I menyampaikan bahwa Bimbingan Manasik Haji Tingkat Kecamatan se-Kota Singkawang ini dilaksanakan secara terpusat, disebabkan karena masing-masing KUA tidak memenuhi kuota untuk melaksanakan Bimsik di masing-masing KUA, yang mana merupakan salah satu amanah yang telah ditetapkan dalam Undang-Undang Nomor 13 Tahun 2008 tentang Penyelenggaraan Ibadah Haji, ujarnya. Bimbingan ini merupakan proses pembekalan yang dilakukan oleh Kementerian Agama kepada jemaah haji yang akan dilaksanakan sebanyak 8x pertemuan untuk tingkat KUA Kecamatan dan sebanyak 2x pertemuan di tingkat Kabupaten/Kota. Bimbingan Manasik haji tingkat Kecamatan ini diikuti oleh 113 orang Jemaah Haji per kecamatan yaitu untuk Kecamatan Singkawang Tengah sebanyak 58 orang, Kecamatan Singkawang Barat sebanyak 31 orang, Kecamatan Singkawang Utara sebanyak 13 orang, Kecamatan Singkawang Selatan sebanyak 7 orang, dan Kecamatan Singkawang Timur sebanyak 4 orang. Untuk pelaksanaan Bimbingan Manasik Haji secara teori dilaksanakan sebanyak 6x yang bertempat di Masjid Fastabiqul Khairat, sedangkan untuk pelaksanaan manasik haji dilaksanakan di Gedung Serbaguna KH. B. Rasnie, BA Komplek Pesantren Ushuluddin Singkawang, pungkasnya.

Sementara itu Kasubbag TU Kantor Kemenag Kota Singkawang, Aliyansah  dalam sambutannya mengatakan bahwa tujuan dari kegiatan manasik haji ini yaitu untuk memberikan Informasi agar mengetahui apa saja yang harus dilakukan para Jemaah Haji baik diperjalanan maupun selama menunaikan ibadah haji sehingga pada pelaksanaan Haji di Tanah Suci, Jemaah Haji tidak mengalami kesulitan dan kendala selama menunaikan ibadah haji, ungkapnya. Karena kegiatan ini sangat penting, kepada calon jemaah haji diharapkan untuk dapat mengikuti bimbingan manasik haji dengan baik, sehingga jemaah haji dapat memahami semua materi yang diberikan oleh pemateri. Apabila ada yang tidak dipahami, hendaknya tidak ragu untuk bertanya kepada pembimbing manasik haji sehingga bisa mendapatkan pengetahuan yang baik dan benar tentang pelaksanaan ibadah haji. Karena semakin banyak pemahaman, pengetahuan, dan wawasan terkait pelaksanaan ibadah haji akan mempermudah mencapai haji yang mabrur, harapnya.

Lebih lanjut Aliyansah berpesan kepada seluruh jemaah agar senantiasa menjaga kesehatan dan melakukan pola hidup sehat, serta meluruskan niat dan menyempurnakan ikhtiar dengan penuh keikhlasan semata-mata mengharap ridho Allah SWT guna memenuhi panggilan-Nya, tutupnya.

Setelah acara pembukaan, kegiatan bimbingan dilanjutkan dengan penyampaian materi pada hari pertama terkait Akhlaq Jema’ah dan Budaya Masyarakat Arab Saudi dan Pemantapan ibadah dan kegiatan selama penerbangan yang disampaikan oleh H. Hamidi Mi’raj, S.Ag, M.Pd (MD/skw)