Kakan Kemenag Kota Singkawang Menghadiri Upacara Peringatan Hardiknas di Pemkot Singkawang

3
Mei 2024
Kategori : Berita
Penulis : humas
Dilihat :5x

Singkawang (Kemenag) – Kepala Kantor Kementerian Agama Kota Singkawang, Drs. H. Muhlis, M.Pd., didampingi Kepala Seksi Pendidikan Islam, Hj. Rohmawati, S.Pd.I., M.Pd., menghadiri Upacara Peringatan Hari Pendidikan Nasional Lingkup Pemkot Singkawang, bertindak sebagai Inspektur Upacara Pj. Walikota Singkawang, Drs. H. Sumastro, M.Si., yang berlangsung di halaman Kantor Pemkot Singkawang, Kamis, (02/05/2024).

Turut serta dalam upacara, Pj. Sekda Kota Singkawang, Aulia Chandra, S.STP., Ketua DPRD Kota Singkawang, Sujianto, Kepala Dinas Pendidikan Kota Singkawang, H. Asmadi, S.Pd., M.Si selaku penyelenggara kegiatan, Kepala OPD, Kepala Sekolah/Madrasah, Tokoh Pendidikan dan Para Penerima Penghargaan serta perwakilan ASN, Guru dan pelajar di lingkungan Pemkot Singkawang serta Guru-guru di lingkungan Kemenag Kota Singkawang. Peringatan Hari Pendidikan Nasional 2024 kali ini mengusung tema “Bergerak Bersama Lanjutkan Merdeka Belajar”.

Dalam kesempatan tersebut, Pj. Walikota Singkawang saat menjadi Inspektur Upacara, membacakan amanat Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi (Mendikbudristek) Republik Indonesia Nadiem Makarim. Mendikbudristek mengenang perjalanan Merdeka Belajar selama 5 (lima) tahun terakhir. Dia menyatakan Program Merdeka Belajar sudah memberi wajah baru bagi pendidikan Indonesia. Kita sudah mendengar lagi anak-anak Indonesia berani bermimpi karena mereka merasa merdeka saat belajar di kelas. Kita sudah melihat lagi guru-guru yang berani mencoba hal-hal baru karena mereka mendapatkan kepercayaan untuk mengenal dan menilai murid-muridnya. Kita sudah menyaksikan lagi para mahasiswa yang siap berkarya dan berkontribusi karena ruang untuk belajar tidak lagi terbatas di dalam kampus. Dan kita sudah merayakan lagi semarak karya-karya yang kreatif karena seniman dan pelaku budaya terus didukung untuk berekspresi, ujarnya.

Lebih lanjut, Dia juga menekankan pentingnya melanjutkan gerakan ini sebagai perjalanan menuju perwujudan sekolah yang diidamkan. Semua yang telah kita jalankan harus diteruskan sebagai gerakan yang berkelanjutan. Semua yang sudah kita upayakan harus dilanjutkan sebagai perjalanan ke arah perwujudan sekolah yang kita cita-citakan. saya titipkan Merdeka Belajar kepada Anda semua, para penggerak perubahan yang tidak mengenal kata menyerah untuk membawa Indonesia melompat ke masa depan, jelasnya.

Usai membacakan amanat, Pj. Walikota berpesan kepada seluruh peserta yang hadir, Ia menegaskan bahw momentum Hardiknas seyogyanya dapat dijadikan sebagai pengingat akan perjuangan pahlawan pendidikan, dalam mencerdaskan kehidupan bangsa dan membangun Indonesia yang bermartabat, pesannya. Tidak lupa Ia mengucapkan selamat Hari Pendidikan Nasional dan menyampaikan apresiasi kepada seluruh tenaga pendidik atas dedikasi dan kontribusi mereka dalam mencerdaskan generasi penerus bangsa khususnya di Kota Singkawang, pungkasnya.

Setelah pelaksanaan upacara, dilanjutkan dengan penyerahan penghargaan kepada Tokoh Pendidikan Kota Singkawang, diberikan juga penghargaan kepada Guru, Siswa, maupun Pegawai Sekolah yang berprestasi. Selanjutnya para peserta upacara baik Guru, Siswa perwakilan dari sekolah yang ada di Kota Singkawang menampilkan tari masal di hadapan para tamu undangan, serta tamu undangan juga ikut serta memeriahkan tari masal tersebut. (MD/skw)