Pelaksanaan Assesmen Madrasah (AM) di Madrasah Ibtidaiyah Negeri (MIN) Singkawang

13
Mei 2024
Kategori : Berita
Penulis : humas
Dilihat :7x

Singkawang (Kemenag) – Madrasah Ibtidaiyah Negeri (MIN) Kota Singkawang melaksanakan Asesmen Madrasah (AM) Berbasis Android bagi seluruh Siswa kelas VI Tahun Pelajaran 2023/2024 yang terselenggara selama 5 hari, di mulai hari ini tanggal 13 – 17 Mei 2024 bertempat di Ruang Kelas MIN Kota Singkawang, Senin (13/05/2024).

Asesmen Madrasah (AM) ini merupakan pengganti Ujian Akhir Madrasah Berstandar Nasional (UAMBN) dan Ujian Nasional (UN) yang harus dilalui oleh seluruh siswa kelas VI Madrasah, yang pada tahun ini diikuti oleh sejumlah 64 Siswa terdiri dari 40 orang Siswa laki-laki dan 24 orang Siswa perempuan, demikian yang disampaikan oleh kepala MIN Singkawang saat dalam pengarahannya sebelum kegiatan AM dilaksanakan.

Dalam arahan Kepala MIN Singkawang, Muslimah, S.Pd.I juga menyampaikan kepada seluruh peserta ujian untuk tetap banyak membaca dan belajar di rumah, tertib saat mengerjakan ujian, serta selalu menjaga kesehatan walaupun beberapa penilaian sebelum ini sudah diselenggarakan dan Alhamdulillah sudah terlaksana dengan lancar mulai dari ujian praktik dan ujian akhir semester (PAS), tuturnya. Selain itu lebih lanjut Ia menyampaikan bahwa berdasarkan hal tersebut juga diharapkan kepada semua tenaga pendidik juga tetap melaksanakan penilaian AM sesuai dengan prosedur penilaian yang telah ditetapkan, pungkasnya.

Di tempat yang sama Ketua Tim Panitia AM, Mahfud Sidik, S.Pd.I menambahkan bahwa kegiatan Asesmen Madrasah ini sudah sesuai dengan surat edaran Keputusan Direktur Jenderal Pendidikan Islam nomor : 723 Tahun 2024 tentang Prosedur Operasional Standar (POS) Penyelenggaraan Asesmen Madrasah Tahun Pelajaran 2023/2024 AM yang meliputi seluruh mata pelajaran yang diajarkan pada kelas akhir pada satuan pendidikan yang terdiri dari: Sejarah Kebudayaan Islam (SKI), Fikih, Alquran Hadits, Aqidah Akhlak, Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan (PPKn), Bahasa Indonesia, Matematika, Ilmu Pengetahuan Alam (IPA), Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS), Seni Budaya dan Keterampilan (SBK), Pendidikan Jasmani, Olahraga dan Kesehatan (PJOK), Bahasa Inggris, dan Bahasa Arab. Di hari pertama pelaksanaan AM dengan mata pelajaran yang diujikan adalah Akidah Akhlak, Bahasa lndonesia dan Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan (PPKn) dan pada saat pelaksanaan AM siswa tidak mendapatkan masalah dan dapat melalui AM dengan baik. Tutupnya. (Zahrah/skw).