Kakanwil Kemenag Kalbar Buka Secara Resmi Bimbingan Manasik Haji Tingkat Kota Di Singkawang

15
Mei 2024
Kategori : Berita
Penulis : humas
Dilihat :277x

Singkawang (Kemenag) – Kepala Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Kalimantan Barat, Dr. H. Muhajirin Yanis, M.Pd.I., membuka secara resmi Bimbingan Manasik Haji Tingkat Kota yang diselenggarakan oleh Penyelenggara Haji dan Umroh Kantor Kementerian Agama Kota Singkawang bagi para Jemaah Haji Musim Haji Tahun 1445 Hijriah/2024 Masehi, bertempat di Basement Kantor Pemerintah Kota Singkawang, Selasa (14/05/2024).

Turut hadir dalam kegiatan tersebut, Pj. Walikota Singkawang yang diwakili oleh Pj. Sekretaris Daerah Kota Singkawang, Aulia Chandra, S.STP., Kepala Bidang Penyelenggara Haji dan Umrah Kantor Wilayah Kemenag Prov. Kalbar, H. Kamaludin, M.Pd., Ketua DWP Kantor Wilayah Kemenag Prov. Kalbar, Hj. Salbia Muhajirin, Kepala Kantor Kemenag Kota Singkawang, Drs. H. Muhlis, M.Pd., Kepala Subbag Tata Usaha Kantor Kemenag Kota Singkawang, Aliyansah, S.Pd.I., M.Pd., Para Kepala Seksi dan Penyelenggara Kantor Kemenag Kota Singkawang, dan Kepala OPD serta Forkopimda se-Kota Singkawang.

Dalam Rangkaian Acara Kegiatan Manasik Haji Tingkat Kota ini di awali dengan menyanyikan lagu Indonesia Raya kemudian dilanjutkan dengan Pembacaan ayat suci Al- Qur’an yang di bawakan oleh ananda Muhammad Imam dan pembacaan doa oleh Ustadz H. Jahri, S.Ag., setelahnya dilanjutkan dengan  Laporan Kepala Kantor Kemenag Kota Singkawang.

Dalam laporannya, Muhlis menyampaikan bahwa kegiatan ini lanjutan dari bimbingan manasik haji tingkat Kecamatan yang terselenggara 2 pekan yang lalu. Kemudian dengan  dasar Haji dan Umroh No. 113 Tahun 2024 tentang pedoman bimbingan Manasik Haji bagi Haji Regular pada Kab/Kota dan Kecamatan Tahun 1445 H/ 2024 M, ungkapnya. Adapun jumlah peserta yang mengikuti Bimbingan Manasik Haji ini adalah 114 orang yang terdiri dari 113 Jema’ah Haji Regular dan di tambah dengan 1 Tim Pemandu Haji Daerah (TPHD) dari Kota Singkawang, ujarnya. Berdasarkan umur Jema’ah Haji yang tertua adalah 79 tahun dan yang temuda adalah 23 tahun, dengan perbandingan jumlah laki-laki 55 orang dan perempuan 58 orang. Kemudian Jema’ah Haji Kota Singkawang masuk dalam kloter 19 di embarkasi Batam tanggal 30 Mei yang akan berangkat dari Kota Singkawang tanggal 29 Mei 2024, jelasnya. Dalam kesempatan itu juga sebelum mengakhiri laporannya, Kakan Kemenag mengucapkan terima kasih kepada Pemkot Singkawang yang telah mensubsidi biaya haji setiap Jema’ah dengan jumlah sebesar Rp. 3.500.000,-.

Sementara itu dalam kesempatan yang sama, Pj. Sekda, Aulia Chandra saat memberikan sambutannya menyatakan agar para calon jemaah haji tetap selalu bersyukur karena haji ini adalah panggilan Ilahi, semoga para Jem’aah dapat menjalani ibadah haji dengan khusuk, ikhlas dan penuh suka cita agar ibadah hajinya  menjadi ibadah haji yang mabrur dan mabruroh, ujarnya. Serta Ia juga mengingatkan untuk Tawadhuk tidak terlalu euforia yang berlebihan, karena dalam hal ini kita sedang fokus untuk beribadah dan tidak mudah terpengaruh dengan ajakan-ajakan orang yang menjanjikan kemudahan-kemudahan, lebih berhati-hati itu lebih baik, pesannya.

Selanjutnya Kakanwil Kemenag Prov. Kalbar, Muhajirin Yanis saat membuka kegiatan Bimbingan Manasik Haji secara resmi menyampaikan kepada Jema’ah Haji Kota Singkawang untuk meluruskan niat dalam melaksanakan ibadah, karena berangkat ke tanah suci itu untuk beribadah dan mengharapkan keridhaan Allah SWT, jangan sampai ada terselip niat-niat lain selain niat ibadah haji di Tanah Suci, tuturnya. Selain itu Ia juga mengingatkan untuk selalu menjaga kesehatan, karena cuaca di Arab Saudi berbeda dengan di Indonesia, maka harapannya untuk makan dan minum yang cukup, istirahat yang teratur, serta vitamin juga harus diminum. Ia pun meminta para Jema’ah untuk tidak sungkan meminta bantuan dan pertolongan kepada Petugas Haji jika membutuhkan sesuatu, karena petugas akan selalu siap membantu dan melayani para Jema’ah dengan setulus hati. Dengan kerjasama yang baik antara Kemenag dan Kemenkes, maka setiap masalah dan tantangan yang akan dihadapi Jema’ah akan terselesaikan dengan baik, dan para Jema’ah dapat menjalankan ibadah haji dengan lancer, sehingga meraih predikat Haji yang Mabrur dan Mabruroh, pungkasnya.

Setelah acara pembukaan dilanjutkan dengan pembekalan materi bimbingan oleh H. Kamaludin, M.Pd (Kabid PHU Kanwil Kemenag Prov. Kalbar) materi tentang Kebijakan Pemerintah Arab Saudi tentang Penyelenggaraan Ibadah Haji dan Umrah. Penyampaian materi bimbingan dilanjutkan hari berikutnya oleh Drs. H. Muhlis, M.Pd., (Kakan Kemenag Kota Singkawang) materi tentang Kebijakan Pemerintah Indonesia tentang Penyelenggaraan Ibadah Haji dan Umrah, kemudian Mursalin, S.KM., M.Ks (Dinas Kesehatan Kota Singkawang) materi tentang Kebijakan Pelayanan Kesehatan Haji dan Senam Haji, dan terakhir oleh KH. Bujang Rasnie, BA (Pimpinan PONPES Ushuluddin Singkawang) materi tentang Alur Perjalanan Ibadah Haji. (MD/skw)